Home > Berita > Umum

Dosen FT UIR Evizal Bertolak ke Amerika, Lakukan Penelitian Bersama di Harvard University

Dosen FT UIR Evizal Bertolak ke Amerika, Lakukan Penelitian Bersama di Harvard University

Dr Evizal di kampus Harvard/F-UIR

Jum'at, 24 September 2021 08:20 WIB
Widya Paramitha

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dosen Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Riau Dr Evizal Abdul Kadir ST M.Eng terus mengukir prestasi akademik. Pertengahan September lalu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UIR itu bertolak ke Boston Amerika Serikat untuk melakukan penelitian selama enam bulan hingga Februari 2022.

''Terima kasih Pak Humas, saya sudah berada di Boston Amerika Serikat bersama keluarga. Alhamdulillah, kondisi saya dalam keadaan baik. Begitu pun dengan seluruh Civitas Akedemika UIR di Tanah Air,'' kata Evizal kepada Kabag Humas dan Protokoler UIR Syafriadi melalui pesan whattshap Kamis malam (23/09) waktu Indonesia.

Evizal menjelaskan, dirinya bertolak ke Boston Amerika untuk tujuan akademik. Yakni melakukan penelitian bersama dengan salah satu profesor di School of Engineering and Applied Sciences (SEAS) Harvard University. Tajuk penelitian yang kami angkat adalah Enviromental Monitoring System use Nano Sensors Integrated to Wireless Sensor Network (WSN) and Internet of Things (IoT) Technology.

''Saya berharap penelitian ini dapat memberi kontribusi terhadap pemantauan lingkungan di Indonesia,'' ucap Evizal.

Harvard University merupakan salah satu universitas terbaik dan terkemuka di Amerika Serikat. US News tahun 2004 dan 2005 menempatkan universitas Harvard berada pada rangking pertama di AS. Times Higher Education Supplement World University Rankings juga memposisikan Universitas Harvard di urutan pertama.

Menurut Evizal, program visiting research scholar yang sekarang ia ikuti disponsori oleh Fulbright Amerika dan dikelola oleh American Indonesia Exchange Foundation (AMINEF). Ia lolos dalam program ini setelah melewati seleksi yang sangat ketat. ''Mudah-mudahan saya bisa mengikuti kegiatan penting dan bersejarah ini sesuai dengan tenggat waktu yang disediakan, yakni enam bulan sejak bulan September. Saya menyampaikan terima kasih kepada Pak Rektor, Pimpinan UIR lainnya dan Pak Dekan yang telah memberi laluan kepada saya bertolak ke Amerika,'' tambah Evizal.

Terpisah, Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL mengapresiasi prestasi akademik yang diraih Evizal dalam berkolaborasi di bidang penelitian dengan profesor di Harvard University. ''Sebagai Pimpinan UIR saya bangga dengan Evizal dan berharap prestasi yang sama dapat pula dilakukan oleh dosen-dosen lain di Universitas Islam Riau,'' kata Syafrinaldi.

Syafrinaldi menyebutkan, UIR memiliki lebih dari 150 dosen berpendidikan doktor. Beberapa diantaranya lulusan luar negeri, bahkan sejumlah dosen sekarang sedang menyelesaikan studi doktoral di Amerika, Eropa dan negara-negara di kawasan Asia lainnya. Program visiting research scholar seperti diikuti Evizal terbuka pula bagi dosen-dosen UIR lainnya baik dengan universitas di ASEAN, ASIA, Timur Tengah, Eropa maupun Amerika.

''Pimpinan UIR akan memberi dukungan kepada dosen-dosennya untuk menimba pengalaman akademik di negara manapun. Hal ini sesuai dengan Visi UIR, yakni menjadi universitas Islam berkelas dunia berlandaskan iman dan taqwa,'' ungkap Syafrinaldi. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww