Home > Berita > Umum

Nenek Miskin dari India Ini Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

Nenek Miskin dari India Ini Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

Nenek Bilkis

Sabtu, 18 September 2021 08:18 WIB

POTRETNEWS.com — Bilkis, seorang nenek berusia 82 tahun dari India masuk dalam daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia tahun 2021 versi Majalah Times. Pada hari Rabu (15/9/2021), majalah terkenal itu merilis daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia.. Dan menariknya, dari sekian banyak nama tenar, tercatat nama Nenek Bilkis. Nenek yang hanya menamatkan pendidikan di madrasah itu, masuk dalam kategori Ikonik di daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia

Nenek Bilkis diketahui berasal dari ibukota India, New Delhi. Dikutip Tribunpekanbaru.com dari Time.com, Nenek Bilkis masuk ke dalam 100 Orang Berpengaruh di Dunia versi Majalah Time karena keteguhannya dalam memperjuangkan hak warga muslim India yang dikebiri oleh penguasa India Undang Undang Amandemen Kewarganegaraan.

Akibat undang-undang itu, Nenek Bilkis dan banyak warga muslim India lainnya kesulitan untuk mendapatkan hak kewarganegaraan.Warga muslim India pun bereaksi dengan melakukan aksi unjuk rasa. Mereka turun ke jalan, menggugat pemerintah Narendra Modi.Dan salah satu pengunjuk rasa itu adalah Nenek Bilkis.

Dia turun ke jalan dan duduk bersama ribuan pengunjuk rasa. Di tangannya terlihat tasbih dan bendera nasional India di tangan lainnya. Nenek Bilkis menyuarakan protesnya sejak jam 8 pagi hingga tengah malam di Shaheen Bagh, sebuah kawasan di New Delhi yang menjadi area simbol perlawanan.

Tak hanya itu, dalam aksi tersebut, Bilkis juga dengan teguh menghadapi musim dingin terburuk di New Delhi dalam lebih dari satu abad terakhir. Nenek Bilkis selalu turun ke jalan lebih dari tiga bulan, untuk duduk di barisan depan aksi protes yang digalang oleh komunitas wanita Muslim India itu Ketangguhannya yang membara inilah yang membuatnya mendapatkan tempat dalam daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia tahun 2021, melansir Tribunnews.com.

"Bilkis menjadi suara kaum terpinggirkan dan simbol perlawanan di negara di mana suara perempuan dan minoritas secara sistematis tenggelam oleh politik mayoritas dari rezim (Perdana Menteri Narendra) Modi," kata lansir Majalah Time.

Dikutip dari About Islam, dalam wawancaranya, Bilkis yang duduk bergabung dengan para demostran mengatakan, ia akan kukuh memperjuangan hak warga muslim India.

"Saya akan duduk di sini sampai darah saya berhenti mengalir di pembuluh darahnya sehingga anak-anak di negara ini dan dunia menghirup udara keadilan dan kesetaraan," ujar Bilkis.

Jurnalis dan penulis India Rana Ayyub menggambarkannya sebagai perjuangan dan aksi protes yang dilakukan nenek Bilkis adalah suara kaum terpinggirkan. Atas kesungguhan perjuangan wanita renta melawan ketidakadilan tersebut, Pada tahun 2020 lalu, Nenek Bilkis juga masuk ke dalam daftar 100 wanita berpengaruh di dunia

Dalam penghargaan yang diberikan oleh BBC ke Nenek Bilkis itu, Ia sejajar dengan beberapa tokoh dunia lainnya. Salah satunya adalah Dr. Anthony Fauci Kepala CDC Amerika Serikat yang berjibaku melawan Covid-19, di bawah tekanan Presiden Trump. BBC, menilai Nenek Bilkis layak masuk sebagai 100 wanita berpengaruh di dunia versi BBC karena kesungguhannya melawan tirani. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww