Home > Berita > Umum

Ini Harapan Kakwarcab kepad Pelatih Pramuka di Bengkalis

Ini Harapan Kakwarcab kepad Pelatih Pramuka di Bengkalis

Kakwarcab Kak H Bustami HY saat silaturahmi bersama kakak-kakak Pelatih Pramuka, Kamis 4 September 2021 pagi menjelang siang kemarin.

Senin, 06 September 2021 09:10 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Setelah melantik kakak-kakak pengurus Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan, Pusat Informasi dan Protokol serta Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab Bengkalis masa bakti 2020-2025 pada Sabtu, 4 September 2021 pagi kemarin, Kakwarcab Kak H Bustami HY menyiapkan waktu bersilaturahmi bersama kakak-kakak Pelatih Pramuka.

Ini sebagai upaya untuk memajukan dunia pendidikan Kepramukaan di Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis.Acara yang dipandu langsung Sekretaris Kwarcab, Kak Riza Pahlevi yang juga Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Kapisdiklat) periode 2015-2020 berlangsung tak sampai satu jam. Di Kwarcab Bengkalis ada 57 orang pelatih yang tersebar di 9 dari 11 Kwartir Ranting (Kwaran) yang ada.

Di awal pengarahannya, Kakwarcab Kak H Bustami mengajak para Pelatih untuk sama-sama meningkatkan mutu para pembina tentunya melalui cara atau trik pembinaan.

"Cobalah nanti buat rencana kerja lalu sampailah kepada saya. Apa yang bisa kita lakukan masa Covid-19, apakah webinar atau lainnya. Semakin kita selalu berbagi ilmu maka semakin berkualitas," harap Kak Bustami.

Kak Johan Arif seorang pelatih dalam kesempatan itu menyebutkan bahwa telah menyusun rencana yang akan diajukan kepada Kakwarcab. Dalam kesempatan itu, Kak Riza mempersilahkan kepada kakak-kakak Pelatih untuk menyampaikan usul, saran dan lain sebagainya. Kak Ruslan Abdul Gaya dari Kwaran Mandau menyampaikan, di Gugus Depan (Gudep)nya tetap melakukan kegiatan dengan menyesuaikan kondisi saat ini

"Kegiatan Pramuka memang banyak di Gudep. Saya melihat banyak Gudep yang sudah tidak memiliki plang Gudep. Penomoran Gudep perlu ditinjau kembali. Kegiatan di Mandau bisa dijadikan role model. Dengan demikian kegiatan Kepramukaan tetap berjalan. Bisa kita inisiasi. Kita gelar kegiatan umpannya webinar oleh Kwarcab Bengkalis. Pusdiklatcab silahkan memberi bentuk kegiatan yang akan dilaksanakannya," kata Kak H Bustami memberikan tanggapan.

Kak Maisurheni yang juga dari Kwaran Mandau menyampaikan kegiatan yang telah mereka lakukan adalah orientasi untuk Mabigus, namun tetap menyesuaikan Prokes.Kak Aryani pula mengungkapkan bahwa sekitar 80% kakak-kakak Pembina Pramukanya kurang aktif. Mungkin bisa dilaksanakan pertemuan para Pembina sehingga akan membuat mereka refresh.

"Yang paling penting kita mengaktifkan para pembina yang telah mengikuti kursus. Sehingga adik-adik akan mendapatkan hak mereka untuk mendapatkan pengetahuan Kepramukaan," tutur Kak Aryanti.

Menurut Kak Bustami, model kegiatan masa Covid-19 ini dapat dilakukan. Terkait pembina yang telah mengikuti kursus perlu dilakukan inventarisir kembali. Silaturahmi yang juga didampingi Ketua Harian, Kak Muhammad Fadhli pun berakhir pukul 11.50 WIB, Kak Bustami berhara kepada kakak-kakak para Pelatih Pramuka dapat merancang hal baru di masa Covid-19 sekarang ini. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww