Home > Berita > Umum

Mahasiswa KKN 2021 Umri Ajarkan Warga Ubah Sampah Organik Jadi Pupuk dan Manfaatkan Lahan Tanami Sayuran

Senin, 30 Agustus 2021 11:26 WIB
Widya Paramitha
mahasiswa-kkn-2021-umri-ajarkan-warga-ubah-sampah-organik-jadi-pupuk-dan-manfaatkan-lahan-tanamiMahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) tahun 2021 ini sukses memanfaatkan sampah jadi pupuk kompos/F-HUMAS

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) dari kelompok 14B adakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kampung Berkualitas, RT 01 RW 10, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, kota Pekanbaru, Ahad (29/8/2021).

Kelompok 14B yang diketuai oleh Helnora Ramadhani berjumlah sebanyak 26 orang anggota yang berasal dari program studi Akuntansi, Manajemen, Teknik Industri, Ilmu Hukum, Teknik Informasi, Hubungan Masyarakat, Teknik Mesin dan Sistem Informasi.

Berdasarkan hasil survei,kelompok KKN Umri, didapati bahwa sebagian besar wilayah di RW 10 Kelurahan Airputih merupakan lahan pertanian, terutama di sekitar wilayah Kampung Berkualitas (KB). Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, kelompok KKN (Umri) mengusulkan pembuatan pupuk kompos melalui pemanfaatan sampah organik masyarakat setempat sebagai program kerja utama dengan tema ”Desa Tangguh Lingkungan”.

Kemudian, mahasiswa Umri juga membangun taman kecil di depan gedung sekretariat Kampung Berkualitas. Di lahan kecil tersebut lalu ditanami sayuran seperti bayam hijau, pakcoy, selada merah dan bawang serta tanaman apotik hidup seperti kunyit, lengkuas, jahe, dan kencur.

Diharapkan, pupuk kompos yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk untuk taman kecil yang ada di lahan gedung sekretariat Kampung Berkualitas (KB). Selain itu, Kelompok KKN Umri juga mengadakan program pengajaran kepada anak-anak yang berada di sekitar wilayah tersebut.

Sementara itu Ketua RW 10 Kazrizal dan Joko selaku Ketua RT 01, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa mahasiswi  Kelompok 14B KKN Umri dengan harapan bisa meninggalkan kesan positif dan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

”Kami menyerahkan sepenuhnya kepada adik-adik mahasiswa tentang apa yang akan dilakukan di wilayah kami, dengan harapan bisa meninggalkan bekas yang berkelanjutan dan juga meninggalkan kesan positif kepada masyarkat di sini,” ujar Kazrizal.

Sementara itu,  Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Linda Hetri Suriyanti SE MAk memberikan arahan kepada mahasiswa-mahasiswi Kelompok 14B Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau agar selalu menjaga kekompakan, berbaur dengan masyarakat, serta bisa memberikan kesan positif kepada masyarakat di wilayah Kampung Berkualitas (KB) di Kelurahan Airputih. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww