Home > Berita > Umum

Seorang Warga Indragiri Hilir Selamat dari Maut setelah Dikibas Gajah Liar yang Mengamuk di Kebun Sawit

Seorang Warga Indragiri Hilir Selamat dari Maut setelah Dikibas Gajah Liar yang Mengamuk di Kebun Sawit

Pohon sawit muda yang tumbang karena dimakan gajah liar di Kabupaten Indragiri Hilir. (Liputan6.com/M Syukur)

Sabtu, 28 Agustus 2021 16:14 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Warga Desa Batu Ampar, Zuliadi selamat dari maut setelah berhadapan dengan gajah liar. Dia sempat diseruduk dan terempas setelah dikibas gajah yang mengamuk di kebun sawit di Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir itu.

Kepala Bidang I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Andri Hansen Siregar menyebut Zuliadi mengalami luka memar di dada. Petani ini sudah dicek oleh petugas yang mendapat informasi konflik satwa dengan manusia.

Legendary Rolling Stones Drummer Charlie Watts Dies at the Age of 80

"Tim sudah ke lokasi melakukan mitigasi konflik satwa," kata Andri, Jumat petang, 27 Agustus 2021, melansir liputan6.com.

Andri menerangkan, kejadian bermula saat dua gajah liar masuk ke kebun. Saat itu, Zuliadi berusaha mengabadikan momen tersebut dari jarak 20 meter. Hanya saja, Zuliadi tak sadar gajah mendekat ke arahnya. Gajah tadi mengejar lalu menyeruduk dan menggunakan belalainya untuk membanting Zuliadi ke tanah.

"Beruntung petani tadi bisa meloloskan diri," jelas Andri.

Andri menerangkan, gajah mulai terpantau masuk ke kebun sawit di lokasi sejak 23 Agustus 2021. Lokasi itu merupakan perlintasan gajah dan jaraknya dekat dengan hutan. Selama di kebun, gajah menumbangkan sejumlah pohon sawit dewasa. Sementara, sawit berusia muda menjadi santapan dua gajah liar tersebut. BBKSDA Riau tengah berusaha menggiring gajah itu ke habitatnya. Penggiringan digunakan secara manual dengan bunyi-bunyian yang membuat gajah tak nyaman.

"Gajah masih di areal perkebunan, pengiringan masih dilakukan," ucap Andri.

Andri berharap kerja sama masyarakat sekitar agar konflik ini cepat selesai. Caranya tidak berbuat anarkis kepada gajah dan mempercayai petugas agar situasi ini cepat berakhir.

"Bila ada gajah mendekat segera menjauh," imbuh Andri. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww