Home > Berita > Umum

Ingin Tahu Daftar RS dan Lab di Riau yang Dapat Izin Keluarkan Dokumen Hasil Tes PCR? Berikut Daftarnya

Ingin Tahu Daftar RS dan Lab di Riau yang Dapat Izin Keluarkan Dokumen Hasil Tes PCR? Berikut Daftarnya
Jum'at, 27 Agustus 2021 11:25 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliana Nazir mengatakan, di Riau hanya ada 17 laboratorium dan rumah sakit yang mendapat izin mengeluarkan dokumen hasil tes swab PCR. Dengan demikian, warga diminta waspada terhadap pihak lain yang mengeluarkan dokumen hasil tes PCR. Hal ini diungkapkan Mimi, agar warga dapat mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pemalsuan dokumen hasil tes Covid-19.

"Di Provinsi Riau ada 17 laboratorium dan rumah sakit yang sudah diberikan izin mengeluarkan dokumen PCR," kata Mimi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (26/8/2021), melansir Kompas.com.

Sebanyak 17 laboratorium dan rumah sakit yang dapat izin tersebut sudah mendapatkan izin dari Kementerian Kesehatan dan sudah memiliki aplikasi New All Record (NAR), yang berfungsi untuk menampilkan data masyarakat.Jika PCR dilakukan di tempat pemeriksaan resmi, maka sistem akan tercatat, dan data tersebut tersimpan di big data milik Kemenkes.

Beberapa laboratorium dan rumah sakit (RS) yang telah mengantongi izin untuk mengeluarkan dokumen hasil tes PCR yakni, RSUD Arifin Ahmad, RS Awal Bros Sudirman, dan RS Awal Bros Panam. Selanjutnya, RS Syafira, RS Aulia, RS Santa Maria, RS Paramita, RS Ibnu Sina, RS Bhayangkara, RSD Madani.

Selain itu, ada beberapa lagi di daerah seperti di RSUD Puri Husada Indragiri Hilir, kemudian di RS Pertamina Dumai dan Perawang di Siak. Mimi mengatakan, seluruh laboratorium dan rumah sakit yang sudah mendapatkan izin dari Kemenkes tersebut bisa mengeluarkan hasil pemeriksaan hasil PCR selama 1×14 jam.

"Sehingga masyarakat tidak menunggu lama sampai berhari-hari. Sebab, mereka biasanya akan menggunakan hasil PCR tersebut untuk syarat perjalanan ke luar kota," ujar Mimi. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww