Home > Berita > Riau

Fauqi Achmad Kharir Kepala BPKP Riau Gantikan Farid Firman, Gubri: Tingkatlan Sinergitas dan Kolaborasi BPKP dengan Pemda

Rabu, 18 Agustus 2021 19:10 WIB
Rachdinal/Wahyu
fauqi-achmad-kharir-kepala-bpkp-riau-gantikan-farid-firman-gubri-tingkatlan-sinergitas-danSuasana pelantikan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau yang baru, Fauqi Achmad oleh Gubernur Syamsuar.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi melantik Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau yang baru, Fauqi Achmad Kharir menggantikan Farid Firman, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Rabu (18/8/2021).

Dalam sambutannya, Syamsuar mengharapkan sinergitas dan kolaborasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi Riau ke depannya dapat terus berjalan dengan baik.

"Sinergitas dan kolaborasi BPKP dengan pemda di wilayah Provinsi Riau telah berjalan dengan baik selama ini semoga kedepannya terus lebih baik," ujar Syamsuar.

Sebagai lembaga pengawasan, BPKP dinilai telah memberikan kontribusi dalam mendorong terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik. Selain itu BPKP juga telah turut serta membantu dan mengawal program-program pemerintah daerah di masa pandemi melalui aplikasi digital.

Yaitu dengan kehadiran aplikasi "Mata Bansos" dalam pengawalan penyaluran bantuan sosial pemerintah Provinsi Riau dan aplikasi "Mata UMKM" dalam pengawalan bantuan bagi pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 yang bersumber dari Pemerintah Provinsi Riau.

"Aplikasi Mata Bansos dan Mata UMKM yang merupakan hasil kolaborasi perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan pemerintah daerah Provinsi Riau, adalah bentuk konkrit dari transformasi dan sinergi yang telah dibangun dan merupakan wujud nyata hadir dan manfaatnya BPKP dalam setiap program pemerintah daerah dalam penguatan tata kelola pemerintahan yang baik," ucapnya.

Syamsuar mengatakan, dengan penerapan sistem pengendalian intern pemerintah, maka diharapkan dapat membantu pemerintah daerah meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan pemerintah daerah. 

Oleh karena itu, dia berharap BPKP dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada pemerintah daerah agar dapat meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja pemerintah daerah. "Kami harapkan arahan BPKP agar dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan," ucap Syamsuar.

Mantan Bupati Siak ini mengimbau kepada semua komponen dan pemangku kepentingan untuk memantapkan koordinasi dan sinergitas, dan ia berharap BPKP menjadi yang terdepan dalam mewujudkan kondisi tersebut.

"Sehingga pada akhirnya dengan optimalisasi fungsi pengawasan akan melaksanakan seluruh program pembangunan sesuai prinsip-prinsip good goverment serta visi dan misi pemerintah," pungkasnya. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww