Home > Berita > Umum

Rancang Bangun Model Melayu, Rumah Panggung Tipe 28 Dibangun untuk Nelayan di Rokan Hilir

Rancang Bangun Model Melayu, Rumah Panggung Tipe 28 Dibangun untuk Nelayan di Rokan Hilir

Rumah panggung dibangun untuk nelayan Riau.

Sabtu, 31 Juli 2021 12:06 WIB

ROKAN HULU, POTRETNEWS.com — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun 30 unit rumah panggung di Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Rumah panggung tersebut bisa ditempati oleh nelayan setempat.

"Rumah panggung tersebut dibangun di sebuah kampung pinggir laut, Kabupaten Rokan Hilir, dengan rancang bangunnya adalah model Melayu," kata Kepala Dinas PUPR PKPP Riau Taufiq OH di Pekanbaru, Sabtu, 31 Juli 2021, melansir medcom.id.

Sebanyak 30 unit rumah panggung itu sudah mulai dikerjakan pada 2020 oleh Kementrian PUPR. Hunian bertipe 28 tersebut dapat digunakan masyarakat yang sehari-hari bekerja menangkap ikan itu.

Pembangunan rumah khusus untuk nelayan tersebut juga merupakan bagian dari program Sejuta Rumah untuk memenuhi kebutuhan khusus, masyarakat berpenghasilan rendah seperti nelayan itu. Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Zubaidi mengatakan, pembangunan rumah khusus menelan anggaran hingga Rp37 miliar. Anggarannya menggunakan APBN 2020 melalui DIPA satuan kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau.

Rumah tersebut dibangun satuan kerja penyediaan perumahan Provinsi Riau berada di Kelurahan Bagan Hulu Kencamatan Bangko Rohil dalam waktu 6 bulan. Rumah panggung tunggal tersebut memiliki luas 28 meter persegi terdiri atas dua kamar tidur, ruang tengah dan kamar mandi .

"Semoga Rumah panggung itu sudah bisa ditempati semua nelayan. Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang sudah membangun rumah panggung bagi nelayan di Kabupaten Rokan Hilir," katanya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww