Home > Berita > Umum

Pembekalan KKN Umri 2021 Usung Tema ”KKN Umri dari Desa untuk Negeri”

Senin, 26 Juli 2021 06:16 WIB
Widya Paramitha
pembekalan-kkn-umri-2021-usung-tema-kkn-umri-dari-desa-untuk-negeriSuasana pembekalan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) tahun 2021 yang dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Sri Fitria Retnawaty, SSi MT/F-HUMAS

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2021 yang mengusung tema ”KKN Umri dari Desa untuk Negeri” di Aula Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus Utama Umri, Sabtu (24/7/2021), secara online melalui zoom meeting dan juga offline terbatas.

Pada kegiatan pembekalan mahasiswa yang dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Sri Fitria Retnawaty, SSi MT tersebut, Umri mengundang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermadesdukcapil) Provinsi Riau Yurnalis SSos MSi, Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Rima Septisia ST MT yang juga menjadi narasumber dalam pembekalan tersebut, serta Moderator M.Tazri, MA, Dosen Program Studi Hubungan Masyarakat Umri.

Ketua LPPM Umri Muhammad Ridha Fauzi ST MT, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa rangkaian persiapan KKN telah dimulai dengan melaksanakan coaching bagi seluruh DPL pada 17 Juli 2021 lalu. “Kami melaksanakan coaching tersebut bertujuan untuk memberikan arahan kepada DPL sebelum membimbing mahasiswa dalam menyusun rencana kegiatan serta pelaksanaan KKN tahun ini,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dispermadesdukcapil Provinsi Riau Yurnalis, SSos MSi mengapresiasi kegiatan pembekalan KKN Umri 2021 itu. Yurnalis mengatakan bahwa tema yang dipilih oleh UMRI pada tahun ini sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo yaitu Pembangunan Indonesia yang berawal dari pinggiran wilayah yaitu pedesaan. ”Tema ini sejalan dengan fokus pemerintah saat ini. Dimana desa memiliki potensi yang besar untuk pembangunan negeri dan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, Kabid Tata Lingkungan DLHK Kota Pekanbaru Rima Septisia, ST MT memaparkan bahwa kesadaran lingkungan hidup dalam masyarakat sangat penting. ”Kita perlu bersama-sama membangun kesadaran lingkungan hidup di tengah masyarakat, agar masyarakat kita lebih tangguh dalam menghadapi berbagai lingkungan yang disebabkan oleh perubahan iklim,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rima berharap melalui kegiatan KKN Umri ini mahasiswa dapat mengedukasi serta membantu masyarakat untuk dapat memanfaatkan dan menjaga lingkungan hidup, sesuai dengan komitmen Pemerintah RI pada program menuju Kampung Iklim yang melibatkan desa hingga tahun 2024 mendatang. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww