Lima Hari Berlalu, Kebakaran Hutan dan Lahan di Rokan Hilir belum Padam

Lima Hari Berlalu, Kebakaran Hutan dan Lahan di Rokan Hilir belum Padam
Senin, 26 Juli 2021 10:04 WIB

ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, mengatakan sudah lima hari api di lahan gambut itu belum padam.Ia menjelaskan, karhutla terdapat dalam tiga desa di Kecamatan Kubu, Rohil.

"Sebelumnya api sudah berhasil kami padamkan, Sabtu (24/7/2021) sore. Kondisi di lapangan tinggal menyisakan asap dan kita lakukan pendinginan," kata Edy dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (25/7/2021), melansir Kompas.com.

Melihat kondisi api di lapangan yang sudah tidak terlihat, sebut dia, petugas pun ditarik mundur. Sebab, petugas sudah hampir sepekan berjibaku dengan api, sehingga butuh istirahat agar tidak kelelahan.

"Tapi, pada saat petugas sudah ditarik dari lapangan, saya dapat laporan jika di wilayah tersebut api kembali muncul," sebut Edy.

Karena api muncul lagi, pihaknya langsung berkoordinasi dengan petugas gabungan di Rohil, baik dari unsur TNI, Polri, MPA dan Manggala Agni untuk membantu melakukan pemadaman di wilayah tersebut agar tidak semakin meluas.

"Kawan-kawan di Rohil sudah turun ke lapangan untuk melakukan pemadaman. Helikopter juga sudah dikirim kesana untuk melakukan water bombing," kata Edy.

Ia mengungkapkan, sulitnya api dijinakkan saat ini karena angin kencang dan cuaca panas. Kondisi itu membuat kebakaran semakin cepat meluas. Ditambah lagi, semak belukar yang kering dan tanah gambut.

"Cuaca di sana memang kering sekali, karena tidak ada hujan. Kita akan lakukan TMC disana. Tapi, untuk TMC ini kan harus ada potensi atau bibit awan untuk menyemai garam, saat ini memang di wilayah itu (Rohil) awan yang mau disemai belum terlihat," kata Edy. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Rohil
wwwwww