Kebrutalan Oknum Satpol PP Disorot Presiden, Jokowi: Jangan Keras dan Kasar!

Kebrutalan Oknum Satpol PP Disorot Presiden, Jokowi: Jangan Keras dan Kasar!

Tangkapan layar petugas oknum Satpol PP Gowa adu mulut hingga terjadi ketegangan dengan pemilik warkop di Panciro Gowa, Rabu (14/7/2021) malam

Minggu, 18 Juli 2021 12:38 WIB

GOWA, POTRETNEWS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti penanganan penertiban kedisiplinan masyarakat yang dilakukan oleh aparat di lapangan. Jokowi bahkan secara khusus menyoroti kasus oknum Satpol PP Gowa, Sulawesi Selatan yang melakukan tindakan kasar pada masyarakat saat razia PPKM.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Ratas Evaluasi PPKM Darurat di Istana Merdeka, Jumat (16/2021). Presiden meminta para aparat di lapangan bertindak tegas namun santun saat melaksanakan tugas.

"Hati-hati dalam menurunkan mobility index mengenai penyekatan dan penanganan terhadap masyarakat, pedagang, PKL, toko," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021), melansir Tribunnews.com.

jokowi pun mengimbau kepada semua instansi keamanan terkait agar memperhatikan sisi humanis saat melakukan tugas penertiban.Presiden menilai, cara-cara persuasif justru terkadang lebih bisa diterima dan ditaati masyarakat dengan baik.

"Saya minta kepada Polri dan juga Mendagri, kepada daerah agar jangan keras dan kasar. Tegas dan santun," tegas Jokowi.

"Sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan, sambil membagi beras, itu mungkin bisa sampai pesannya," ujarnya.

Orang nomor satu di Indonesia itu tampaknya sangat menyayangkan adanya kejadian yang terjadi di Gowa, Sulawesi Selatan.Menurutnya, tindakan-tindakan semacam itu justru bisa semakin membuat suasana menjadi memanas.

"Saya kira peristiwa-peristiwa yang ada di Sulawesi Selatan misalnya, Satpol PP memukul pemilik warung, apalagi ibu-ibu."

"Ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana," pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pemerintahan
wwwwww