Home > Berita > Inhil

Gedung Unisi di Tembilahan Akan Difungsikan Jadi Perpustakaan Representatif

Gedung Unisi di Tembilahan Akan Difungsikan Jadi Perpustakaan Representatif

gedung Universitas Islam Indragiri (Unisi) di Tembilahan.

Jum'at, 09 Juli 2021 14:42 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau akan memfungsikan satu dari gedung Universitas Islam Indragiri (Unisi) untuk perpustakaan daerah yang representatif. Tahun 2021 ini sudah dianggarkan dana Rp8,9 miliar lebih untuk pembangunan dan pemeliharaan perpustakaan di tempat umum yang menjadi kewenangan daerah.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah ( DPAD) melalui Sekretaris Yusnaldi menjawab wartawan di ruangan kerjanya, Kamis (8/7/2021) menyebut, pengerjaan sudah dilaksanakan oleh PT Bunda dan PT Saliguri Banua KSO.

”Sesuai dengan kontrak, pekerjaaan saat ini sedang dilaksnaka akan selesai pada bulan Desember nanti," ujar Yusnaldi yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) ini.

Dia mengatakan, karena ini bangunan lama maka sebelum difungsikan sudah dilakukan uji kelayakan bangunan dengan melibatkan tenaga ahli dari Universitas Riau (Unri). Dari sana diketahui bahwa kondisi bangunan masih layak, dan hanya perlu perbaikan dibeberapa tempat.

Yusnaldi menambahkan, bangunan ini terdiri dari enam lantai. Nanti akan difungsikan seluruhnya mulai dari perpustakaan anak, umum, pustaka digital, museum kelapa.

Masih menurutnya, untuk tahun depan pihaknya juga mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengadaan buku dan sarana pendukung lainnya. Sebab dana Rp8,9 miliar saat ini hanya untuk interior dan perbaikan ruangan yang diperlukan.

”Tahun ini dana yang kita miliki hanya untuk rehab dan interior gedung. Untuk fasilitasnya lainnya agar perpustakaan itu bisa berfungsi kita sudah usulkan melalui dana DAK,” katanya. Sebagaimana diketahui, ada dua gedung Unisi yang dibangun pada saat Inhil dipimpin oleh Bupati Indra M Adnan. Satu sudah difungsikan untuk perkantoran, satunya lagi yang nantinya akan dijadikan perpustakaan daerah. ***

Kategori : Inhil, Umum
wwwwww