Sungai di Desa Tuapelang Indragiri Hulu Diduga Tercemar Limbah Pabrik PT SIR

Sungai di Desa Tuapelang Indragiri Hulu Diduga Tercemar Limbah Pabrik PT SIR
Senin, 28 Juni 2021 20:03 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Aliran sungai yang berada di Desa Dusun Tua Pelang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu diduga tercemar oleh limbah Pabrik Minyak Kelapa Sawit (PMKS) milik PT Sawit Inti Raya (SIR).

Berdasarkan foto-foto yang diterima dari salah satu sumber, tampak warna air di aliran sungai tersebut berwarna hitam dan berbusa. Sejumlah foto juga memperlihatkan adanya saluran yang diduga itu adalah pipa pembuangan limbah pabrik tersebut. Sumber mengungkapkan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pada akhir bulan februari tahun 2021.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melalui Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Pengolahan Lingkungan Hidup, Joni Maryanto mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui kejadian itu, serta hingga kini belum menerima laporan atau pengaduan dari masyarakat.

“Kapan kejadiannya?, laporan pengaduan tak ada. Saya tanya ke Staff katanya tidak ada laporan pengaduan,” kata Joni Maryanto saat di hubungi potretnews.com, Senin (28/6/2021).

Joni berujar bahwa PT SIR sudah memiliki izin pembuangan air limbah. “Soal izin, saya rasa sudah ada,” ujarnya.

Lalu ketika ditanya akankah pihaknya melakukan pemeriksaan ke lokasi atas dugaan pencemaran limbah dari PMKS milik PT SIR yang mengalir ke aliran sungai Desa Dusun Tua Pelang. Ia mengatakan bahwa pihaknya akan menunggu laporan terlebih dahulu. “Setiap ada laporan nanti kami verifikasi,” pungkasnya.

Sebelumnya potretnews.com telah mengkonfirmasi hal tersebut ke pihak managemen PT SIR dengan mengirimkan sejumlah pertanyaan pada Sabtu, 26 Juni 2021. Namun hingga kini pertanyaan tersebut tidak dijawab atau hanya di baca saja. Sebab pesan yang terkirim sudah bertandakan centang biru.***

Kategori : Lingkungan, Inhu
wwwwww