Home > Berita > Riau

Gubernur Syamsuar Hadiri Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Secara Daring, Momentum Sinergitas dalam Memerangi Narkoba

Senin, 28 Juni 2021 19:10 WIB
Rachdinal/Wahyu
gubernur-syamsuar-hadiri-peringatan-hari-anti-narkotika-internasional-secara-daring-momentumSuasana peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 di Gedung Daerah Provinsi Riau Balai Serindit, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (28/6/2021).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 setiap 26 Juni, Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi menghadiri acara yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) itu secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (28/6/2021).

Kepala BNN RI, Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan HANI 2021 ini sebagai bentuk sinergitas dengan menitikberatkan pada implementasi rencana aksi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah dengan keluarnya Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika P4GN Tahun 2020-2024.

Petrus mengatakan peringatan HANI ini juga sebagai bentuk langkah strategis yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya perang melawan narkotika melalui pendekatan soft power approach.

"Bentuk aktivitas agar masyarakat punya ketahanan diri dan daya tangkal terhadap penyalahgunaan narkotika selain itu juga dilakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahgunaan narkotika," ujar Jenderal polisi bintang 3 tersebut.

Lebih lanjut Petrus menegaskan, berikutnya ada pendekatan hard power approach yakni memfokuskan pada aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam memerangi sindikat narkotika. "Serta smart power approach penggunaan teknologi informasi di era digital dalam upaya penanggulangan narkotika," tuturnya.

Untuk itu, ia berharap momentum HANI 2021 ini sebagai program berkesinambungan dalam upaya BNN dan stakeholder terkait untuk program Desa Bergerak Indonesia Bersinar yaitu  Indonesia Bersih Narkoba.

Turut hadir dalam agenda HANI 2021 tersebut Forkompinda Provinsi Riau, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau Brigjen Pol Kennedy, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau Bobby Rachmat, dan undangan lainnya. ***

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww