Home > Berita > Umum

53 Orang di 4 RT Terjangkit Covid-19 Usai Kerja Bakti

53 Orang di 4 RT Terjangkit Covid-19 Usai Kerja Bakti
Kamis, 03 Juni 2021 16:31 WIB

TANGERANG, POTRETNEWS.com — Sebanyak 53 orang dari empat rukun tetangga (RT) di satu rukun warga (RW) di Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang terindikasi terpapar Covid-19. Hal itu setelah dilakukan tracing kepada 200-an warga yang ada di empat RT itu oleh puskesmas dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang. Penularan diduga terjadi saat kerja bakti yang dilakukan warga.

"Iya benar ada 53 orang dari 4 RT yakni RT 06, 07, 08, dan 09 di RW 06 Kelurahan Kelapa dua Kecamatan Kelapa Dua yang terpapar Covid-19. Di sana memang tidak ada warga yang pulang kampung tetapi itu diduga bersumber dari aktivitas kerja bakti dan makan bersama yang mereka lakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, saat dihubungi Beritasatu.com, Kamis (3/6/2021).

Ditambahkannya, awal mula penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut lantaran ada seorang warga yang jatuh sakit usai menjalani kerja bakti bersama dan kemudian dirujuk ke rumah sakit. Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata yang bersangkutan positif terpapar Covid-19.

"Setelah kita tracing dengan cara tes swab kepada ratusan warga di empat RT itu, ternyata kita temukan 53 orang yang terpapar Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala. Setelah itu, semua warga di sana kita swab lagi, dan hasilnya kita belum dapatkan karena masih menunggu hasilnya," tegasnya.

"Dan untuk yang 53 orang yang positif Covid-19 sementara kita bawa ke Hotel Yasmin untuk menjalani isolasi dan tadi pagi mereka dibawa dengan menggunakan ambulans ke sana," tambahnya.

Usai temuan 53 kasus positif Covid-19 di keempat RT tersebut, Satgas Covid-19 melakukan lockdown di 2 RT yang masuk dalam zona merah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tangerang itu.

"Yang dua RT yakni RT 07 dan 09 kita lockdown dan dua RT lainnya yakni RT 06 dan 08 sejauh ini masih terus kita awasi karena berdasarkan hasil tracing-nya belum keluar. Bila nanti memang ditemukan kasusnya banyak seperti dua RT lainnya, maka bisa jadi kemungkinan akan kita lockdown juga," tandasnya, melansir Beritasatu.com.

Informasi penemuan puluhan orang yang terpapar Covid-19 sendiri berawal dari sebuah video yang viral yang menunjukkan puluhan orang dari empat RT di Kelurahan Kelapa dua yang dibawa satgas akibat terpapar virus Covid-19. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww