Kakek 92 Tahun di Pekanbaru Jadi ”Target” Polisi

Kakek 92 Tahun di Pekanbaru Jadi ”Target” Polisi
Senin, 24 Mei 2021 14:31 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Jajaran Polresta Pekanbaru mengerahkan petugas dan kendaraan operasional untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 keliling pada Senin (24/5/2021) ini. Adapun skema yang diterapkan dalam vaksinasi Covid-19 keliling ini yaitu petugas mendatangi tempat di mana masyarakat berada. Apakah itu di tempat bekerja, di pasar, di tempat ibadah, di pinggir jalan, bahkan petugas langsung datang ke rumah-rumah dalam vaksinasi Covid-19 keliling ini .

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, didampingi Wakapolresta AKBP Hasyim Risahondua memimpin langsung tim vaksinasi Covid-19 keliling ini. Salah satu yang menjadi masyarakat yang menjadi target vaksinasi keliling, adalah warga bernama Kadir. Petugas langsung mendatangi kakek 92 tahun ini di rumahnya yang berada di Jalan Taruna, RT 05, RW 02, Kelurahan Industri Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya.

Kakek Kadir, tinggal di rumah yang sangat sederhana. Ia tinggal bersama anak dan cucunya. Saat didatangi petugas, tampak kakek Kadir mengenakan kemeja batik dan sehelai kain sarung yang sudah lusuh. Pendengaran kakek Kadir sudah tak bagus lagi, sehingga jika hendak berbicara dengannya, suara agak mesti dikeraskan. Meski usianya sudah renta, menurut warga sekitar kakek Kadir masih kuat bekerja di kebun.

"Masih sering ke kebun, nebas," kata seorang warga di lokasi.

Kombes Nandang, juga mencoba mengajak kakek Kadir berbicara.

"Kakek divaksin ya kek, biar tambah sehat ya kek," kata Kapolresta Pekanbaru.

Sebelum disuntik vaksin, personel dari Urusan Kesehatan (Urkes) Polresta Pekanbaru, melakukan wawancara singkat tentang kondisi kesehatan dan riwayat penyakit yang pernah diidapnya.

Tekanan darahnya juga dicek.

Setelah semua dipastikan baik, barulah petugas medis menginjeksikan cairan vaksin dengan jarum suntik ke lengan sebelah kiri kakek Kadir.

"Sakit kek?," tanya Kapolresta usai kakek Kadir disuntuk vaksin.

Kakek Kadir sempat terdiam sejenak. Lalu menggelengkan kepala, sebagai isyarat dia tak merasakan sakit saat disuntik.

"Wah, hebat. Tepuk tangan dulu. Biar tambah sehat ya kek," ungkap Kombes Pol Nandang.

Disebutkan Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, pihaknya memiliki tim vaksinator keliling yang siap menyambangi masyarakat di mana pun berada. Tim ini juga bisa melakukan 3 T, yakni testing, tracing dan treatment.

"Kita datangi seorang warga bernama Pak Kadir, umurnya 92 tahun. Ini salah satu kontribusi kita Polresta Pekanbaru untuk melakukan langkah-langkah vaksin keliling door to door ke masyarakat kita," jelasnya.

"Ini supaya cepat vaksinasi yang ada di Kota Pekanbaru. Ini tidak lain untuk mencegah dan memutus mata rantai Penyebaran Covid-19 di Pekanbaru ," ungkap Kombes Nandang, melansir Tribunnews.com.

Dipaparkan Perwira Menengah berpangkat melati tiga ini, mobilisasi terus dilakukan dengan mendatangi masyarakat. Seluruh personel dan sarana serta prasarana sudah bergerak semua. Mereka disiagakan di pos Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, puskesmas, dan beberapa lokasi lainnya. Tim vaksinasi dirincikannya, terdiri dari personel polisi dan Urkes Polresta Pekanbaru. Sebelumnya mereka ikut bekerjasama dengan puskesmas yang ada di Kota Bertuah.

"Kalau sebelumnya di puskesmas ada menyediakan tempat untuk vaksin massal, kita melakukan mobile bagi mereka yang tidak sempat datang. Karena halangan atau lainnya, jadi kita yang mendatangi warga," ucap Kombes Nandang.

Ditegaskan Kapolresta, seluruh anggota bergerak melakukan vaksin keliling ini. Mulai dari Polresta Pekanbaru dan juga jajaran polsek. "Untuk hari ini kita tadi dapat 50 (dosis). Ini target hari ini dan baru 1 kecamatan. Kita akan mobile lagi, bergerak lagi. Untuk mendatangi masyarakat sesuai data yang sudah kita dapatkan, untuk kita sentuh guna divaksin," pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww