Home > Berita > Umum

Meski Masuk Daftar Negara Terkaya di Dunia, San Marino tak Memiliki Bandara

Meski Masuk Daftar Negara Terkaya di Dunia, San Marino tak Memiliki Bandara
Rabu, 12 Mei 2021 11:23 WIB

POTRETNEWS.com — Berikut ini lima negara di dunia yang tidak memiliki bandara. Cek negara mana saja. Saat mengunjungi suatu negara, langkah pertama yang dilakukan adalah memesan penerbangan. Dalam satu negara biasanya memiliki beberapa bandara yang menampung pesawat, baik domestik maupun mancanegara. Namun apa jadinya jika suatu negara tidak memiliki bandara? Bagaimana bisa mengunjunginya?

Berikut daftar negara di dunia yang tidak memiliki bandara dan fakta di baliknya, seperti dilansir TribunTravel dari laman rd, melansir Tribunnews.com.

1. Vatikan

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia. Tempat seluas 109 hektar ini tidak memiliki bandar udara sendiri, kemungkinan besar karena berada di dalam Roma. Roma, sebagai titik acuan, memiliki dua bandara internasional. Pengunjung dapat terbang ke Roma dan kemudian berkendara ke kota / negara bagian / pedesaan Katolik Roma yang kecil. Bandara Leonardo da Vinci – Fiumicino Roma berjarak sekira 29,5 mil dari perbatasan Vatikan.

2. San Marino

San Marino juga tidak memiliki bandara. Lokasinya dekat dengan Italia. Sebagai negara terkecil kelima di dunia, San Marino tetap bisa dikunjungi karena jaraknya hanya sembilan mil dari Bandara Internasional Federico Fellini Italia. Meski ukurannya kecil, San Marino masuk sebagai satu negara terkaya di dunia.

3. Monaco

Dikelilingi di tiga sisi oleh Prancis dan di satu sisi oleh Laut Mediterania, Monako adalah negara terkecil kedua di dunia. Monaco juga memegang gelar negara berdaulat terpadat di dunia. Untuk mencapai Monaco, kamu harus naik perahu atau setengah jam naik mobil setelah mendarat di Bandara Nice Côte d'Azur di Prancis.

4. Liechtenstein

Sebagai negara terkecil di dunia yang berbatasan dengan dua negara (Austria dan Jerman), Liechtenstein juga tidak memiliki bandara. Turis harus masuk ke negara itu dengan mobil, perahu, atau sistem kereta api populer dari stasiun kereta Swiss atau Austria terdekat. Bandara terdekat adalah St. Gallen – Altenrhein Swiss. Sebagai perbandingan, Liechtenstein hampir delapan kali lebih kecil dari kota Los Angeles, dengan kota terbesar yang hanya menampung 6.000 penduduk. Meski masuk negara terkecil, Liechtenstein memiliki PDB per kapita tertinggi dan satu negara dengan utang nasional terendah.

5. Andorra

Andorra terkurung daratan di perbatasan antara Spanyol dan Prancis. Terletak di pegunungan Pyrenees, negara ini terkenal akan jalur pendakiannya. Ibu kota Andorra adalah Andorra la Vella, yang juga merupakan ibu kota tertinggi di Eropa. Total ada 5 bandara di Prancis dan Spanyol yang dekat dengan Andorra. Jaraknya sekira 3 jam. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww