Suami Datang Menolong Istri yang Terperosok Masuk Septic Tank, Naas Keduanya Tewas Hirup Gas Beracun

Suami Datang Menolong Istri yang Terperosok Masuk <i>Septic Tank</i>, Naas Keduanya Tewas Hirup Gas Beracun

Ilustrasi.

Sabtu, 08 Mei 2021 18:44 WIB

GARUT, POTRETNEWS.com — Tiga warga Garut, Jawa Barat meninggal dunia diduga karena menghirup gas beracun dari sebuah septic tank. Peristiwa tersebut terjadi di Kampung Cibening, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Jumat (07/5/2021) siang.

Kapolsek Garut Kota Kompol Hermansyah membenarkan adanya tiga orang yang meninggal dunia di kawasan hukumnya. "Kejadiannya tadi siang, korban berjumlah lima orang, tiga diantaranya meninggal dunia," ucapnya saat dikonfirmasi Tribunjabar.id.

Kejadian itu bermula saat salah satu korban sedang membersihkan rumput diatas tebing setinggi empat meter. "Saat korban, Ratna Sari (30) membersihkan rumput ditebing setinggi 4 meter, ia terpeleset jatuh ke dalam septic tank kemudian ditolong oleh suaminya," ungkapnya.

Suherman menjelaskan setelah suaminya mencoba menolong, suaminya pun kemudian ikut masuk ke dalam septic tank. Septic tank yang memiliki kedalaman mencapai enam meter membuat suaminya tersebut menjadi korban berikutnya karena diduga menghirup gas beracun. Kemudian datang tiga orang lainnya yang hendak membantu masuk ke dalam septic tank tersebut dan kemudian menjadi korban berikutnya.

Kedua korban berhasil selamat kembali naik ke atas dalam keadaan lemas. Ketiga korban yang tidak sempat tertolong kemudian meninggal dunia di dalam septic tank tersebut. Ratna dan Roni meninggal dunia bersama seorang iparnya yang juga menjadi korban saat hendak menolong mereka. "Korban berhasil dievakuasi oleh Damkar ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan," ucap Hermansyah.

Sempat Kritis
Dua orang yang sempat kritis karena menghirup gas beracun di sebuah septic tank di Kampung Cibening, Kelurahan Cimuncang, Kecamatan Garut Kota, Garut, Jawa Barat, Jumat (7/5/2021) siang, kini kondisinya berangsur membaik. Kedua orang tersebut adalah Muslim (25) dan Dadan (45).

Sebelumnya, mereka berdua sempat kritis saat berhasil menyelamatkan dari dari lubang septic tank. Dadan mengatakan, ia masuk ke septic tank tersebut menggunakan tangga kayu untuk menolong tiga orang yang sudah tenggelam. "Pertama masuk beberapa detik mulai mencium bau, di sana saya sudah tidak ingat," ucapnya, Sabtu (8/5/2021), melansir Tribunnews.com.

Dadan menjelaskan, ia pingsan dan diselamatkan oleh warga lain. "Saya disiram air panas, baru sedikit bisa sadar, penglihatan gelap, tapi tangan masih bisa memegang tangga," ucapnya.

Dadan pun berhasil dievakuasi, sementara tiga orang tetangganya sudah tenggelam. Petugas berhasil mengevakuasi korban keracunan septic tank di Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut. Tiga orang tewas dalam peristiwa ini. "Saya lihat ketiganya udah tenggelam, sudah tidak bergerak," katanya.

Warga yang melihat keadaan korban yang tidak sadarkan diri tidak berani menolong. Ketiga korban berhasil dievakuasi petugas pemadam kebakaran. Saat ini kondisi Dadan perlahan membaik. Ia mengakui hingga hari ini masih merasa pusing dan mual. "Waktu buang air besar juga baunya aneh, setelah beberap kali BAB alhamdulillah mulai membaik," tuturnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa
wwwwww