Home > Berita > Umum

Polisi Pasang Portal Besi di Perbatasan Sumut-Riau

Polisi Pasang Portal Besi di Perbatasan Sumut-Riau

Portal di perbatasan Riau-Sumut/ISTIMEWA

Kamis, 29 April 2021 16:42 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Polisi menutup akses masuk ke Riau sebelum dan setelah masa larangan mudik Lebaran atau Idul Fitri. Polisi pun memasang portal besi di perbatasan Riau-Sumatera Utara (Sumut). Kasat Lantas Polres Rokan Hilir AKP David Richardo mengatakan portal itu dipasang di perbatasan kedua daerah pada Selasa (27/4/2021). Pemasangan untuk mempermudah petugas memeriksa kendaraan yang melintas.

"Jadi itu (pemasangan portal) hanya untuk penyekatan ya, dalam rangka pemeriksaan. Kalau sudah sesuai prosedur, rapid antigen dan sebagainya, ya boleh jalan," ucap David kepada detikcom, Kamis (29/4/2021).

Pemasangan portal besi dilakukan polisi bersama Satgas COVID-19 Rokan Hilir yang berjaga di wilayah perbatasan, sehingga petugas di lapangan mudah memeriksa kendaraan. Pengetatan sesuai surat edaran Satgas COVID 2021 itu merupakan adendum SE 13/2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 H. Termasuk Upaya Pengendalian Penyebaran COVID-19.

"Portal dipasang juga biar tidak ada yang menerobos. Berdasarkan atensi pimpinan juga. Intinya, kalau semua lengkap syarat-syaratnya, silakan saja lewat setelah kita cek," katanya tegas, melansir detik.com.

Pemeriksaan difokuskan untuk kendaraan umum yang biasa mengangkut penumpang. Termasuk kendaraan pribadi yang tak dilengkapi syarat sesuai ketentuan yang berlaku selama larangan mudik.

"Semua kita periksa, prioritasnya angkutan orang, penumpang, mobil pribadi dari Riau mau ke luar atau dari luar mau ke Riau. Kita periksa semua tanpa terkecuali," katanya.

Secara tegas, seluruh kendaraan yang tak diizinkan melintas diminta agar putar balik. Travel gelap juga menjadi target tim Satgas di lapangan.

"Semua kendaraan kita putar balik kalau tidak lengkap, tidak ada kita amankan. Untuk travel gelap sampai saat ini belum ditemukan, kalau ada kita amankan juga," katanya.

"Intinya portal itu semata untuk membantu petugas dan mempermudah petugas saja. Kan biasa banyak, kami sibuk memeriksa, ada yang kabur. Sekarang kami jaga siang-malam, tidak ada celah," sambungnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww