Home > Berita > Umum

Telusuri Sejarah dengan Bersepeda Selama 16 Hari, Keturunan Sultan Siak Riau Kunjungi Rumah Cek Midi di Aceh

Telusuri Sejarah dengan Bersepeda Selama 16 Hari, Keturunan Sultan Siak Riau Kunjungi Rumah Cek Midi di Aceh

Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid (kiri) di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021)

Selasa, 27 April 2021 16:40 WIB

ACEH, POTRETNEWS.com — Keturunan ke V Sultan Siak Riau, Syarif Kasim II, Tengku Habibi (40) mengunjungi dan bersilaturahmi kediaman Tarmizi Abdul Hamid di Ie Masen Kayee Adang Banda Aceh, Senin (26/4/2021). Kepergian Tengku Habibie dari Pekanbaru Riau ke Aceh dengan menggunakan sepeda selama 16 hari dalam perjalanan.

Gowes ini dalam rangka napak tilas Jejak Perjuangan Sultan Syarif Kasim II dalam mendukung NKRI, dimulai dari Pekanbaru dan berakhir di KM 0 Pulau Weh Sabang. Setelah misi itu tercapai, Tengku Habibi atas rekomendasi dari saudara sepupunya Letkol Tengku Soni Sonatha (Dandim Pidie 0102) untuk dapat bersilaturahmi dengan Cek Midi di Banda Aceh.

Pesan ini disampaikan Dandim Pidie Letkol Tengku Soni Sonatha kepada Tengku Habibie.

Dalam kunjungan tersebut Tengku Habibie merasa sangat istimewa dapat berjumpa dengan tokoh Aceh ini yang namanya membahana dikalangan bangsawan Melayu Riau itu.

Selanjutnya Tengku Habibie meminta bahan dan informasi sejarah kepada Cek Midi tentang informasi keberadaan Sultan Syarif Kasim II antara tahun 1946-1948 di Kutaraja pada waktu itu.

Kategori : Umum, Siak, Riau
wwwwww