Home > Berita > Umum

Polisi Sumut Sekat Pintu Masuk dan Akan Putar Balik Pemudik dari Riau

Polisi Sumut Sekat Pintu Masuk dan Akan Putar Balik Pemudik dari Riau
Senin, 19 April 2021 12:05 WIB

MEDAN, POTRETNEWS.com — Polda Sumatera Utara (Sumut) akan melakukan penyekatan di sejumlah pintu masuk ke Sumut mulai tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang. Langkah ini bagian dari tindak lanjut aturan larangan mudik 2021 dari pemerintah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan Polda Sumut bersama dengan sejumlah pihak terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan Provinsi Sumut, dan pemerintah daerah akan melakukan penyekatan di sejumlah titik.

"Ada beberapa pintu masuk dan perbatasan di Sumut yang disekat, yakni Sumut Aceh, Sumut-Sumbar, Sumut-Riau," katanya, Senin (19/4/2021), melansir iNews.id.

Hadi mengatakan saat ini pihaknya sedang menyiapkan pos pengamanan di setiap lokasi yang menjadi titik-titik yang dilintasi para pemudik. Pemudik yang kedapatan, Polda Sumut akan meminta mereka untuk putar balik ke daerah asalnya.

"Apabila ditemukan adanya masyarakat yang nekat mudik maka kami paksa putar balik," ujarnya.

Selain itu, Hadi mengatakan para petugas yang berjaga nantinya akan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap seperti helm. masker, pakaian, sarung tangan dan sepatu. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat personel sedang bekerja. Hadi menjelaskan, larangan mudik 2021 sebagai upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi Covid-19 guna mempercepat pemulihan kesehatan masyarakat secara nasional.

"Polda Sumut saat ini masih melaksanakan Operasi Keselamatan Toba 2021. Operasi yang digelar selama 14 hari kedepan sebagai langkah kepolisian prakondisi Idul Fitri 2021 sekaligus sosialisasi masif tentang larangan mudik," ucapnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww