Home > Berita > Umum

Mukhlis Latasi dari Indonesia Juara 1 Selawat Tingkat Internasional di Mesir setelah Kalahkan Orang Arab

Mukhlis Latasi dari Indonesia Juara 1 Selawat Tingkat Internasional di Mesir setelah Kalahkan Orang Arab

Kolase Mukhlis Latasi juara selawat internasional.

Minggu, 18 April 2021 14:09 WIB

POTRETNEWS.com — Inilah sosok Mukhlis Latasi yang berhasil menjuarai ajang melantunkan sholawat tingkat internasional di Mesir. Sholawat merupakan bentuk sanjungan yang dilakukan oleh umat muslim terhadap Rasul. Selain bertujuan untuk mengingat Rasul, sholawat juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya akan mendapat syafaat di hari kiamat dan juga dapat mendatangkan banyak kebaikan.

Apalagi membaca sholawat di hai Jumat yang penuh berkah sangat dianjurkan oleh Nabi sholallahu'alaihiwasallam. Ada banyak bacaan sholawat yang bisa didawamkan atau diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang terpenting adalah tetap istiqomah melantunkan sholawat dalam rangka mengingat Nabi Muhammad Sholallahu'alaihiwasallam. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengamalkan sholawat yakni dengan melantunkannya menjadi lagu.

Kini ada banyak lagu religi yang diangkat dari sholawat, sehingga selain enak didengar juga mudah menghapalkannya. Tak hanya itu saja, ada pula yang mengamalkan sholawat dengan mengikuti ajang perlombaan. Seperti salah satunya yang dikakukan oleh seorang pemuda asal Indonesia ini. Salah satu putra terbaik bangsa Mukhlis Latasi LC baru-baru ini sukses menjuarai ajang Internasional Maddah ar Rasul/Sholawat Nabi yang di gelar di provinsi Giza, Kairo, Mesir beberapa hari lalu.

Mukhlis Latasi Lc., warga Desa Tanjung Aru, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, sekaligus mahasiswa S2 Fakultas Hadist di Universitas Al Azhar Cairo ini sama sekali tak menyangka namanya keluar sebagai juara dalam ajang yang diikuti 16 negara peserta dari Timur Tengah, Afrika, Asia dan Rusia ini.

‘’Awalnya saya diminta untuk ikut oleh guru vokal saya Muhammad Yasin asal Syria, kegiatan tersebut diinisiasi oleh TV Iqra, salah satu saluran televisi terkenal di Timur Tengah yang berbasis di Arab Saudi dan memiliki berbagai cabang di berbagai negara, termasuk China, Amerika Utara dan Kanada,’’ujar Mukhlis saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/4/2021).

Mukhlis mengaku sudah belajar nasyid selama 4 tahun. Ia pun telah malang melintang dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) saat masih kecil. Sejak kecil, Mukhlis memang dididik orang tua yang religius, ayahnya Suniman La Tasi dan ibundanya Nurdian Korompot, merupakan tokoh agama di Sebatik.

Keduanya mendidik Mukhlis dengan keras.

Mukhlis menjelaskan, Maddah Ar Rasul, merupakan lantunan shalawat puja puji Rasul yang dilantunkan dengan irama dan cengkok Islami. Tidak ada iringan musik gambus dalam kontes ini. Kefasihan dalam pelafalan huruf menjadi barometer penilaian.

‘’Di babak final, ada dua macam nasyid yang diperlombakan, yaitu ‘Ya Imam Ar Rusuli’ dan ‘Hubbi Ar Rosul’,’’tambahnya, melansir Tribunnews.com.

Saat juri menyebutkan namanya sebagai juara pertama, Mukhlis masih sempat tak percaya. Tampil dan bersaing melantunkan bahasa Arab melawan orang Arab secara logika adalah sesuatu yang mustahil dimenangkan. Namun, Mukhlis Latasi mampu membuktikannya. Dalam ajang tersebut, Mukhlis mengharumkan nama Indonesia. Ia berhasil meraih juara 1 dan berhak mendapatkan 50.00 Riyal Arab Saudi.

"Semoga Allah membalasmu dengan balasan terbaik," ucapnya saat menerima kemenangan.

Dalam kesempatan itu, Mukhlis pun mengutarakan perasaannya setelah berhasil menyabet juara pertama.

"Demi Allah, saya sangat terkejut," akunya.

Ia juga mengucapkan rasa syukur kepada Allah Subhanahuwata'ala juga pada Rasulullah Sholallahu'alaihiwasallam. Tak lupa pula Mukhlis menghaturkan rasa terima kasihnya kepada kedua orangtuanya. Diketahui jika kedua orangtuanya menyaksikan perlombaan secara online.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dan semangat yang diberikan oleh guru dan teman-temannya di Indonesia. Pantauan Sripoku.com melalui akun Instagram @moech.less, dalam bio Instagram ternyata Mukhlis Latasi merupakan seorang penyanyi lagu religi.

Bahkan ia memiliki akun YouTube bernama Mukhlis Latasi yang berisi konten seputar keagamaan dan dakwah islami yang kebanyakkan berisi murottal Alquran. Akun Instagram-nya kini yelah diikuti lebih dari 13 ribu follower. Ia pun semakin dikenal setelah menjadi juara 1 Tingkat Internasional Maddah Arrasul. Ia saat ini menjadi mahasiswa di program pasca sarjana Universitas Alazhar Cairo Mesir. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww