Home > Berita > Umum

Berikut 5 Destinasi Alam Keren di Wilayah Sumut yang Berbatasan dengan Riau, Ada Pantai Monyet

Berikut 5 Destinasi Alam Keren di Wilayah Sumut yang Berbatasan dengan Riau, Ada Pantai Monyet

Rantauprapat, Sumatra Utara.

Sabtu, 17 April 2021 17:28 WIB

LABUHAN BATU, POTRETNEWS.com — Rantau Prapat merupakan ibu kota dari Kabupaten Labuhan Batu, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara. Terletak diantara perbatasan Sumatera Utara dan Riau. Daerah ini memiliki kekayaan alam yang sangat berlimpah, misalnya dalam bidang pertanian, daerah ini menjadi pemasok beras terbesar untuk wilayah Sumatera Utara. Dan juga, termasuk salah satu daerah sebagai penghasil sawit dan karet yang cukup besar.

Selain dibidang pertanian, Rantau Prapat juga destinasi wisata yang tidak diragukan keindahannya. Daerah ini memiliki daerah perbukitan yang terbentang luas membuat daerah ini kaya akan destinasi wisata perbukitan dan air terjun yang sangat menjanjikan untuk menarik minat para wisatawan agar berkunjung.

Nah, untuk akses menuju ke Rantau Prapat juga tidak perlu bingung, pasalnya kota Rantau Prapat termasuk jalan Lintas Sumatra bagian Timur yang membuat daerah ini menjadi tempat berlalu lalang bus-bus besar hingga angkutan umum antar Provinsi.

Dalam suasana libur Ramadan seperti saat ini, biasanya para wisatawan lokal maupun mancanegara akan melirik berbagai destinasi wisata di Rantau Prapat, karena memang destinasi wisata dikawasan ini masih cukup asri dengan suasana alamnya dan sangat cocok untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Melansir Tempo.com, berikut ini beberapa destinasi wisata Rantau Prapat yang sangat cocok dikunjungi untuk mengisi libur lebaran bersama keluarga:

1. Pantai Monyet

Dari penamaannya saja kita sudah dibuat penasaran ya, bagaimana sih Pantai Monyet itu?, Nah, Pantai Monyet merupakan wisata pemandian yang sangat indah, dan menjadi wisata paling favorit bagi masyarakat Rantau Prapat.

Terletak di Desa Padang Mahondang, Kecamatan NA IX X, Kabupaten Labuhanbatu, membuat tempat ini sangat mudah ditemukan, untuk sampai ke lokasi ini para pengunjung hanya perlu waktu sekitar 30 menit dari alun-alun kita Rantau Prapat.

Untuk keindahannya sendiri destinasi ini menawarkan keindahan alam yang masih segar sebab berada di tengah-tengah hutan, Selian itu tempanya juga bigitu eksotis, sebab disepanjang aliran pantainya dikelilingi oleh tebing bebatuan yang cukup tinggi. Ditambah lagi dengan derasnya aliran air terjun dengan gemercikan air dari bebatuan yang mengenai wajah menyempurnakan keindahan Pantai Monyet ini.

2. Air Terjun Bertingkat

Merupakan destinasi wisata pemandian yang berada di daerah Rantau Prapat tepatnya di desa Hatapang. Keberadaan air terjun ini cukup digemari oleh wisatawan yang ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

Menawarkan suasana alam yang masih sangat alami dengan udara yang begitu segar ditambah dengan adanya air terjun dengan beberapa tingkata yang menyerupai tangga, sehingga memungkinkan para wisatawan bisa menaiki aliran air terjun mencapai puncak.

Selain itu, didasar air terjunnya juga terdapat muara air yang sangat jernih dan cukup dangkal sehingga sangat cocok untuk anak-anak bermain air.

Namun, untuk akses menuju lokasi ini sedikit susah sebab para wisatawan harus melintasi jembatan gantung di sungai Sayur Matinggi dengan berjalan kaki, sebab tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

3. Puncak HozaWisata puncak hoza merupakan wisata pebukitan dengan keindahan pemandangan alam Rantau Perapat dari atas bukit.

Berlokasi di daerah Rantau Prapat tempat nya di Kampung Yaman, Kecamatan Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Wisata puncak hoza juga memiliki nama yang cukup beragam, biasanya masyarakat setempat menyebutnya sebagai Bukit Kampung Yaman, namun ada juga yang memberi nama sebagai Puncak Padang Lompong serta Bukit Telkom.

Nah, hal yang menarik dari tempat ini ialah panorama alamnya yang sangat memukau ditambah lagi telah disediakan beberapa spot berfoto yang menambah kesan menarik dari puncak ini. Biasanya para pengunjun lebih didominasi oleh muda mudi yang penyuka selfie.

Untuk berkunjung ke lokasi ini biasanya wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp 15.000 sebagai tiket masuk puncak.

4. Puncak Manhalese

Puncak Manhalese merupakan destinasi wisata dengan keindahan panorama alama dari atas puncak. Berkunjung ke Puncak Manhalese para wisatawan bisa menikmati Keindahan alam dengan memasang tenda diatas puncak untuk berkemah. Sembari menyalakan api unggun dimalam hari dengan secangkir kopi hitam menambah kesan yang semakin mengasyikkan diatas puncak.

Untuk berkunjung ke lokasi ini, mungkin lumayan susah bagi sebagian kalangan, utamanay bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ketempat ini, namun untuk yang sudah biasa mungkin sudah menemukan rute yang enak untuk dijalani. Selian itu, jika sudah berada di atas puncak jangan lewatkan untuk menikmati indahnya sunrise di pagi harinya.

5. Air terjun linggahara

Berlokasi di kawasan Rantau Prapat, Labuhanbatu tepatnya di Ujung Bandara. Dengan menempuh jarak sekitar 9 km dari alun-alun kota Rantau Prapat membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan pada waktu-waktu libur panjang tertentu.

Rantau Prapat menawarkan keindahan alam yang masih alami degan udara yang sangat segar ditambah dengan percikan air terjun yang begitu deras dan jernih, Berkunjung ke tempat ini tidak lengkap rasanya kalau tidak menyempatkan diri untuk menikmati segarnya air terjun bersama teman-teman atau keluarga. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww