Home > Berita > Umum

Rencana Pembangunan Jembatan Dumai-Rupat yang Lintasi 3 Pulau Kecil Diusulkan Pemkab Bengkalis saat Musrenbangprov

Rencana Pembangunan Jembatan Dumai-Rupat yang Lintasi 3 Pulau Kecil Diusulkan Pemkab Bengkalis saat Musrenbangprov

Wakil Bupati Bengkalis, Bagus Santoso menunjukkan peta rencana proyek jembatan Dumai-Rupat yang akan melintasi 3 pulau kecil di Bengkalis/ISTIMEWA

Selasa, 13 April 2021 14:38 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemkab Bengkalis mengajukan pembangunan proyek jembatan Dumai-Rupat, untuk memudahkan akses masyarakat Riau yang ingin berwisata ke pantai Rupat yang sudah dikenal di wilayah tersebut. Proyek ini dinilai lebih mudah diwujudkan dengan dukungan anggaran Pemprov Riau dan Pemerintah Pusat.

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menyampaikan usulan tersebut pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Riau Tahun 2022. Menurutnya saat ini masyarakat semakin mudah untuk berkunjung ke Pulau Rupat, setelah selesainya pembangunan tol Pekanbaru-Dumai. "Saat ini ketika tol itu sudah selesai sampai ke Dumai, lalu dari Dumai ingin ke Rupat, orang sudah ramai datang.

Ketika orang ingin melihat Pulau Rupat kini kendalanya adalah berhubungan dengan kapasitas layanan Roro, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan yang ada, karena itu kami mengusulkan jembatan yang menghubungkan Dumai ke Pulau Rupat," ujarnya dalam siaran pers Selasa (13/4/2021), melansir bisnis.com.

Bagus merincikan rencana proyek jembatan yang dimaksud ini akan menghubungkan Kelurahan Purnama, Kota Dumai dengan Pulau Rupat melalui jembatan, yang akan melintasi beberapa pulau kecil seperti Pulau Ketam, Pulau Payung, dan Pulau Belete. Usulan ini menurutnya terungkap setelah dilakukan kajian tentang rencana proyek jembatan Dumai-Rupat secara langsung, akan memerlukan bentang jembatan hingga 8 kilometer dan biayanya lebih besar, bila dibandingkan jembatan Dumai-Rupat dengan melewati 3 pulau kecil yang dapat mengurangi panjang bentang jembatan.

Selain itu diharapkan dengan usulan ini akan mendapatkan respons positif dari Pemprov dan Pemerintah pusat, sehingga proyek jembatan Dumai-Rupat melalui 3 pulau kecil dapat dibangun dengan anggaran dari APBN. “Ada hal yang sekarang terungkap kalau jembatan langsung Dumai-Rupat itu jauh sekitar 8 kilometer, ternyata bila dari Kelurahan Purnama Kota Dumai itu, di depannya ada tiga pulau yakni Pulau Payung, Pulau Ketam dan Pulau Belete itu kami nilai biayanya akan sangat terjangkau apalagi dengan APBN.

Kami berharap Pemprov Riau nantinya menudkung dan bisa menganggarkan untuk proyek ini,” ujarnya. Adapun setelah pembangunan jembatan Dumai-Rupat dapat diselesaikan, Pemerintah Pusat menurut Bagus akan memberikan bantuan pengembangan kawasan tersebut, karena Pulau Rupat sebelumnya sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sejak 2011 silam. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Bengkalis, Dumai, Riau
wwwwww