Home > Berita > Umum

Bupati Bengkalis Soft Launching Ro-Ro 24 Jam

Bupati Bengkalis <i>Soft Launching</i> Ro-Ro 24 Jam
Selasa, 13 April 2021 08:17 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — 7 penari berbusana Melayu lengkap dengan pernak pernik di kepala, tampil di depan pemilik kendaraan plat BM 1 D dan BM 2 D mempersembahkan "Tari Persembahan" Makan Sirih, pada Senin 12 April 2021 pukul 16.48 WIB lewat 48 detik.

Beberapa menit berlalu, "Tepak Sirih" pun dibuka seorang penari sementara penari yang memegang tepak tadi segera membungkukkan badan mempersilakan Bupati Bengkalis, Kasmarni mengambil sekapur sirih seulas pinang dan segera menyantapnya.

Begitulah seterusnya, tepak disuguhkan kepada undangan lainnya, termasuk Wakil Bupati, Bagus Santoso yang juga hadir dalam acara Soft Launching atau Peluncuran Awal Pelayanan Penyebaran Ro-Ro (roll-on/roll-off) petang tadi.

"Sebagaimana yang menjadi hajat dan janji politik Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati Bengkalis terkait dengan peningkatan kualitas penyeberangan khususnya penyebrangan antar pulau di lintasan Pulau Bengkalis dan daratan, kami pada tanggal 16 April (2020,red) yang lalu melaksanakan rapat bersama dengan satu Nurul stakeholder yang ada menyangkut dengan masalah pelayanan penyeberangan, Alhamdulillah Ibu Bupati, mulai dari KSOP (Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan), Perusahaan Pelayaran, kemudian koperasi yang kita amanahkan menyangkut penjualan tiket, kemudian dihadiri BPTD Riau Kepri. Rapat itu kita lanjutkan lagi pada tanggal 7 Maret (2021,red) yang lalu dan Alhamdulillah Ibu Bupati, sebagaimana tugas yang Ibu berikan kepada kami, pada hari ini tanggal 12 April kita bisa melaksanakan soft launching untuk pelayanan Ro-Ro 24 jam dan kami harapkan berbagai kendala yang dihadapi baik fasilitas dan pelayanan bisa kita atasi bersama sehingga Ro-Ro 24 jam ini bisa berjalan lancar sesuai harapan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edi Imhar dalam sambutannya yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Masih kata Djoko Edi Imhar, pelayanan uji coba Ro-Ro 24 jam akan dimulai pada hari Jum'at, 16 April mendatang dan selanjutnya Ahad, 16 April 2021 karena hari tersebut terjadi lonjakan pengguna jasa penyeberangan Ro-Ro.

Selain itu, tambah Djoko, H-7 dan H+7 Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Kemudian, H-4 dan H+4 Idul Adha dan Imlek. "Apabila nanti ada kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Bengkalis yang akan menyebrangkan pengguna jasa dari Pakning ke mari (Bengkalis), itu juga bisa kita tambah (tripnya) untuk pelayanan 24 jam, Ibu Bupati. Jadi, sifatnya sangat situasional yang kita juga akan lihat pertumbuhan pengguna jasa, ketika nanti ternyata animo masyarakat meningkat, jumlah trip pelayanan penyebrangan ini bisa kita tambah dan kita tingkatkan," pungkas Djoko Edi Imhar.

Dalam kesempatan itu, Kadis Perhubungan Djoko Edi Imhar mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati dan Wakil Bupati yang telah berlaku arif dan bijaksana atas apa yang selama ini menjadi keluhan pelayanan penyeberangan diantaranya antrean panjang hingga berjam-jam lamanya yang salah satu penyebabnya sejak September tahun lalu dermaga II Air Putih telah terjadi pendangkalan yang cukup parah sehingga berpengaruh kepada KMP (Kapal Motor Penumpang) yang umumnya panjang 65 meter memerlukan kedalaman air di atas 3 meter, sedangkan di dermaga Dua tadi kalau akhir surut, kedalaman airnya hanya tinggal sekitar 2 meter lebih.

Atas permasalahan ini, Ibu Bupati sebut Djoko Edi Imhar telah membuka slot anggaran untuk pekerjaan pengerukan yang akan disiapkan Dinas Perhubungan pada APBD Perubahan 2021 tahun ini sehingga pekerjaan pengerukan akan dilakukan pada 2022 mendatang.

Sementara masalah kendaraan barang, setelah assessment oleh BPTD Riau Kepri pada November 2020 lalu terkait pengalihan dari Pelabuhan Tanjung Buton yang rusak ke Sungai Selari (Pakning), daya dukung dermaga hanya untuk tonase 8 ton sahaja. Kalau dipaksakan, maka tidak menutup kemungkinan kasus kecelakaan robohnya Pelabuhan Tanjung Buton juga akan terulang kembali di dermaga Sungai Selari yang tentunya akan merugikan senua pihak.

"Untuk itu kepada kawan-kawan, kami mohon maaf karena ini bukan ego sektoral kami sendiri tapi kondisi daya dukung pelabuhan kita yang tidak memungkinkan menampung kendaraan dengan tunas lebih dari 8 ton," beber Kadis Perhubungan, Djoko Edi Imhar.

Tak lupa, Djoko Edi Imhar di akhir sambutannya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin, mudah-mudahan amal ibadah kita selama bulan suci Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT. Amin," harapnya.

Di awal sambutannya, Djoko Edi Imhar menyampaikan kepada Ibu Bupati bahwa Jasa Raharja Putra telah menyerahkan bantuan 10 unit HT (Handy Talky) kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis dan saat acara soft launching Ro-Ro, secara simbolis bantuan life jacket dan rompi sportlife akan diserahkan Cabang Riau Jasa Raharja pula.

Telat pukul 17.25 WIB, Ibu Bupati Bengkalis Kasmarni resmi meluncurkan soft launching Ro-Ro 24 jam Bengkalis - Pakning.

"Penyeberangan Ro-Ro 24 jam merupakan salah satu dari delapan pogram unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis. Program ini memprioritaskan pelayanan transportasi yang andal, prima, terpadu, dan efisien kepada masyarakat yang akan direalisasikan mulai hari ini," kata Bupati Kasmarni dalam sambutannya pula.

“Selain penyeberangan Ro-Ro 24 jam, kegiatan penyediaan fasilitas layanan tiket non tunai dan realtime juga Insya Allah akan kita launching sekitar Bulan Juni 2021 dan terakhir kegiatan penguatan armada angkutan pelayaran yang saat ini sudah mulai kita gesa pelaksanaannya,” kata Kasmarni.

Kemudian lanjut Kasmarni pada tahap awal ini, khusus pelayanan penyeberangan 24 jam di lintasan Air Putih – Sungai Selari, kita akan menambahkan jadwal keberangkatan regular (hari Senin sampai hari Kamis dan hari Sabtu) yang semula hanya sampai pukul 23.15 WIB menjadi pukul 00.00 WIB.

Khusus untuk hari Jum’at dan Ahad serta hari-hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, Imlek, Natal dan Tahun Baru, angkutan penyeberangan di lintasan Air Putih - Sungai Selari akan dilayani selama 24 jam dengan penambahan sebanyak 2 trip dari jadwal keberangkatan reguler yang akan dilayani oleh 1 (satu) unit kapal yang besoknya mendapatkan jadwal off/istirahat. Namun jika intensitas penumpang dan kendaraan meningkat maka akan dilayani oleh 2 (dua) unit kapal dan akan dilaksanakan 4 (empat) trip.

“Guna menyukseskan pelaksanaan program Ro-Ro 24 jam ini, kami tegaskan kepada Dinas Perhubungan agar memfasilitasi semua sarana prasarana penunjang dan kepada perusahaan kapal penyeberangan kami minta disiplin dalam waktu keberangkatan, serta kepada petugas kami ingatkan untuk senantiasa disiplin, berikan pelayanan yang baik, ramah dan santun, jangan membuat warga lama mengantri. Apalagi terkait loket pelayanan tiket, petugas harus lebih sabar, kemudian diminta juga kepada anggota Satpol-PP untuk standby di penyeberangan ini setiap hari,” pungkas Kasmarni.

Selain itu, Bupati Bengkalis Kasmarni juga mengingatkan kepada KMP jika mengalami kendala untuk halo - halo berisi pengumuman kepada pengguna jasa yang berada di atas Ro-Ro, yang disambut gelak tawa hadirin.

Hadir dalam Soft Launching ini Sekretaris Daerah Bengkalis H Bustami,HY, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Ismail, Ketua MKA LAMR Bengkalis H T Zainuddin, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, Dandim 0303/ Bkls Letkol Inf Lizardo Gumay, Kepala Dinas di lingkup Pemkab Bengkalis serta undangan lainnya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww