Tingginya Antusiasme Masyarakat Bengkalis Ikut Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Tingginya Antusiasme Masyarakat Bengkalis Ikut Vaksinasi Covid-19 Tahap II
Selasa, 06 April 2021 21:38 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Gerakan 3.000 Vaksinasi Covid-19 Riau di Bengkalis yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi dari masyarakat Bengkalis.

Gerakan yang telah pun bermula pada Selasa (6/4/2021) pagi tadi bertempat di Aula Serba Guna Vihara Hok Ann Kiong Jalan Diponegoro ini merupakan bentuk dukungan Program Strategis Nasional Vaksinasi Covid-19 dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan TNI dan Polri, Kejari Bengkalis, Dinas Kesehatan dan Relawan Covid-19 dan Vihara Hok Ann Kiong.

Kegiatan vaksinasi ini merupakan rutinitas dilakukan Pemkab Bengkalis di Puskesmas setiap kecamatan di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini, juga dilakukan di 2 RSUD dan RS swasta di masa pandemi Covid-19 melanda hingga sekarang.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar kepada potretnews.com, Selasa (6/4/2021) petang.

"Hari ini, dengan Gerakan 3.000 vaksin oleh Pemerintah Provinsi Riau, inisiasi Bapak Gubernur Riau bekerjasama dengan relawan Covid, di luar estimasi kita ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi. Sampai saat ini masih berjajar yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi. Ini adalah satu momen yang bagus bagi kita dalam rangka memutus mata rantai penularan Covid-19 karena memang di samping disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan, pemberian kekebalan tubuh terhadap masyarakat itu menjadi hal yang penting juga. Memang target kita, kalau bisa 70% dari jumlah penduduk itu dapat divaksin sehingga kalau sudah 70% terbentuklah kekebalan kelompok atau Herd Immunity, Insya Allah dalam waktu dekat kita bisa hidup normal kembali seperti sebelum Covid-19 melanda," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Alwizar.

Untuk menjadi peserta vaksinasi yang akan berlangsung selama 4 hari yaitu sampai 9 April mendatang, Alwizar menginfokan kepada target vaksinasi tahap II dari kalangan kaum lansia (lanjut usia) yang berumur 60 tahun ke atas dan pelayan publik (pedagang pasar, penjaga toko, guru, ASN, TNI dan Polri) untuk membawa KTP saat mendaftarkan diri di Relawan Covid-19 di aula gedung serbaguna Yayasan Sosial Masyarakat Tionghoa Bengkalis (YSMTB).

"Isi formulir, selanjutnya Relawan Covid-19 akan memberikan undangan kapan masyarakat tadi divaksinasi. Saya memang berharap betul kepada masyarakat kita, jangan menolak untuk divaksin karena vaksin yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis khususnya, Provinsi Riau umumnya bermerk Sinovac yang sudah jelas keluar Fatwa MUI yang menyatakan itu halal dan telah keluar Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM. Vaksinasi hari ini adalah salah satu cara kita untuk memutuskan mata rantai penularan Covid-19 di Bengkalis. Jika kita bersama ingin hidup normal kembali seperti sebelum pandemi dulu," terang Alwizar.

"Pada kesempatan ini, atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis kami menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada masyarakat yang antusias untuk menerbitkan kekebalan tubuhnya dalam bentuk vaksinasi. Kemudian, apresiasi yang tinggi juga kepada Relawan Covid-19 yang kita lihat multi ras, ada saudara kita yang Tionghoa, ada Muslim, pokoknya bercampur-baur di tim relawan ini. Kebetulan, sekretariat yang dipilih adalah gedung milik YSMTB karena dianggap lebih representatif dan letaknya sangat strategis sehingga mudah bagi masyarakat untuk menjangkaunya," ungkap Alwizar, anak watan kelahiran Desa Teluk letak ini di akhir wawancara.

Di awal pagi tadi, vaksinasi telah diikuti Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan,SIK,MT, Dandim 0303 Bengkalis, Kapolsek Bengkalis, Kapolsek Bantan, Personil Polres Bengkalis, Ketua FKUB H Nurnawawi, Relawan Covid-19 dan juga masyarakat yang terdaftar untuk melaksanakan Vaksinasi.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, menyebutkan bahwa untuk hari pertama ditargetkan sebanyak 750 masyarakat divaksin.

Pantauan di lapangan, hingga lewat pukul 15.00 WIB, masih ramai masyarakat yang datang mendaftar sehingga dapat dipastikan, bisa mencapai angka 800 masyarakat akan divaksin. Didapat informasi pula, esok Rabu (7/4/2021) kegiatan vaksinasi akan dihadiri langsung oleh Gubernur Riau, H Syamsuar. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww