Home > Berita > Umum

Marak Pembobolan Rekening Bank oleh Orang Dalam, Ini Tips Penting dari OJK ke Nasabah

Marak Pembobolan Rekening Bank oleh Orang Dalam, Ini Tips Penting dari OJK ke Nasabah

Ilustrasi

Kamis, 01 April 2021 10:38 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Otoritas Jasa Keuangan atau OJK menyarankan agar nasabah bank terus waspada dan melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi adanya pembobolan rekening. Hal tersebut wajib dilakukan menyikapi sejumlah kasus pencurian dana nasabah bank yang terjadi belakangan ini.

"Kami imbau masyarakat dan nasabah bank agar rutin cek saldo, dan rekening jangan didiamkan dalam waktu lama alias dormant," ujar Kepala OJK Riau Yusri, Rabu, 31 Maret 2021, melansir Tempo.com.

Dengan rutin mengecek saldo, menurut Yusri, rekening bank bisa dicegah dari penyalahgunaan oleh oknum pegawai bank yang nakal. Pengecekan saldo tabungan juga sudah semakin mudah saat ini. Pasalnya, kata Yusri, nasabah bisa lebih leluasa memeriksa jumlah saldo rekening berkat dukungan teknologi dan digitalisasi sektor perbankan. Hanya berbekal dengan menggunakan smartphone, misalnya, nasabah sudah bisa melakukan cek saldo, serta aktivitas dan transaksi perbankan lainnya melalui ponsel.

Yusri yakin, dengan aktifnya nasabah memeriksa saldo dan jumlah uang yang ada di tabungan, bisa meminimalisir tindak kejahatan pencurian atau pembobolan rekening bank. "Jadi jangan biasakan setelah buka rekening lalu hanya diam saja," ucapnya.

Aktivitas dan transaksi perbankan, kata Yusri, juga sebaiknya terus dilakukan. "Supaya meminimalisir rekening dormant yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggungjawab."

Dalam beberapa waktu belakangan ini terdapat sejumlah laporan dari nasabah yang mengaku dana tabungan dan depositonya di bank raib. Sebanyak 14 nasabah dari Bank Mega cabang Denpasar Bali, misalnya, mengaku deposito dengan total nilai Rp 56 miliar hilang. Yang teranyar adalah tiga nasabah melaporkan pembobolan dengan nilai tabungan Rp 1,3 miliar di Bank Riau Kepri. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww