Home > Berita > Riau

Pantun Warnai Pengukuhan Pengurus Ciayumajakuning Provinsi dan Tujuh Kabupaten/Kota di Riau

Pantun Warnai Pengukuhan Pengurus Ciayumajakuning Provinsi dan Tujuh Kabupaten/Kota di Riau
Minggu, 28 Maret 2021 17:04 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sabtu (27/3/2021), Pengurus DPP Perkumpulan Keluarga Besar Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) Provinsi Riau dikukuhkan. Berturut-turut setelahnya dikukuhkan pula 7 (tujuh) DPD yaitu Ciayumajakuning Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hikirl, Kota Dumai, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Kuantan Singingi.

Pengukuhan dilaksanakan di gedung Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes, PDT.Trans RI Jl. Raya Pekanbaru - Bangkinang, Rimbo Panjang Kabupaten Kampar. Pengukuhan Pengurus DPP Provinsi Riau dilakukan oleh Ketua Dewan Penasehat Prof Dr. H. Iwantono, M.Phill., dan Pengukuhan Pengurus 7 DPD Kabupaten/Kota oleh Amin Soimin, SH, M.Si Ketua Umum DPP Ciayumajakining Provinsi Riau.

Hadir dalam pengukuhan tersebut Gubernur Riau yang diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Dr Yoserizal Zen, M.Sn., Karo Rena Polda Riau Kombes Pol Ano Munarto, Perwakilan Korem 031 Wirabima Letkol Paham Priyono, perwakilan Lanud Roesmin Nurjadin Mayor Firman, Wakil Walikota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, Bupati Siak yang diwakili Drs. L. Budhi Yuwono, M.Si Asisten 1 Setda Kabupaten Siak Kepala Balai PPMD Kemendes, PDT.Trans RI Dadang Suyatna SP MPd dan Jajaran Pengurus DPP Ciayumajakuning Riau serta utusan pengurus DPD Kabupaten / Kota se-Provinsi Riau.

Ketua Ciayumajakuning Riau Amin Soimin SH MSi mengatakan bahwa kehadiran organisasi ini adalah sebagai wadah silaturrahmi segenap anggota dan dalam rangka mendukung pembangunan di Provinsi Riau.

"Alhamdulillah, hari ini kita semua telah dilantik. Mari kita rajut persaudaraan dan silaturrahmi dengan kelompok masyarakat lainnya dan kita akan bergabung dengan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)" ujar Amin.

Amin Soimin yang juga seorang Camat di kabupaten Siak ini mengajak kepada segenap pengurus dan anggota paguyuban agar menjunjung budaya melayu sebagaimana ungkapan di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.

Wujud dari ajakannya itu di sepanjang sambutannya, Amin menyampaikan pantun dan juga dengan menampilkan Tari Persembahan di awal acara. Diantara pantun itu sebagai berikut :

Apa tanda tanah melayu

Tanah bernama bumi lancang kuning

Alhamdulillah kita semua bertemu

Dalam acara pengukuhan pengurus ciayumajakuning

Bukan kentang sembarang kentang

Kentang kanggo gawe bahan jaburan

Bukan datang sembarang datang

Datang untuk mempererat persaudaraan

Amin Soimin juga mengungkapkan berbagai macam latar belakang profesi anggota paguyuban ini, diantatanya TNI, Polri, ASN Petani, Penjual Gorengan, penjual makanan khas seperti Ketoprak dan Empal Gentong hingga Dosen di beberapa perguruan tinggi.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan Dr Yoserizal Zen MSn mewakili Gubernur Riau mengucapkan selamat dan berharap dengan adanya paguyuban ini dapat membantu pemerintah baik pusat maupun pemerintah daerah. Ia juga mengajak untuk bersinergi dengan dinas kebudayaan dalam hal tiga program, yaitu Jalur Rempah, Pantun dan Tenun

"Tahniah atas dilantiknya segenap pengurus paguyuban Ciayumajakuning Riau dan Kabupaten / Kota. Saya berharap komunitas ini dapat bersinergi dengan pemerintah pisat dan pemerintah darah" ujar Yose Rizal.

Yoserizal juga menceritakan bahwa dirinya pernah melakukan riset dan kajian budaya di Cirebon, sehingga menurutnya keberadaan paguyuban ini tidak asing baginya.

Melengkapi rangkaian pengukuhan ini kemudian ditampilkan tarian khas yaitu tari Topeng dan Sintren. Tidak lupa panitia juga menyuguhkan makanan khas diantaranya Empal Gentong, Sego (Nasi) Lengko, Pedesan Entok (Itik Pedas), Sego (nasi) Kuning dan makanan lainnya. ***

Editor:
Widya Paramitha

Kategori : Riau, Umum
wwwwww