Home > Berita > Rohil

30 Nelayan Rokan Hilir Dibangunkan Rumah Megah nan Indah

30 Nelayan Rokan Hilir Dibangunkan Rumah Megah nan Indah

Perahu nelayan di tengah laut/INTERNET

Rabu, 17 Maret 2021 19:18 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau menyerahkan 30 unit rumah khusus (Rusus) nelayan di Kecamatan Bangko yang telah selesai dibangun. Proyek ini merupakan bantuan dari APBN 2020 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bupati Rokan Hilir H Suyatno menjelaskan 30 unit rumah khusus nelayan tersebut berada di kampung pinggir laut Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir. Rumah ini ditujukan bagi nelayan yang masuk kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Terima kasih kami ucapkan kepada pemerintah pusat, kepada Menteri PUPR yang telah ikut memikirkan masyarakat kami khususnya nelayan, sehingga rumah ini terbangun dengan megah dan indah,"katanya dalam siaran pers Rabu (17/3/2021), melansir bisnis.com.

Dia meminta kepada para penerima Rusus itu agar tidak menjual rumah bantuan pemerintah itu kepada pihak lainnya.Dia juga berpesan agar rumah yang telah dibangun dan diserahkan itu dapat dijaga dan dirawat dengan baik. Kepala Dinas Perkim Rohil Zulfahmi mengatakan, 30 unit rumah khusus nelayan beserta fasilitas pendukungnya tersebut dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2020.

Menurutnya rumah bagi nelayan masih sangat kurang, karena masih banyak yang sangat membutuhkan. Pihaknya berharap program serupa dapat kembali diberikan oleh Kementerian PUPR kedepannya. Sementara itu Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Sumatera III Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Zubaidi mengatakan, Kementerian PUPR saat ini fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, serta meningkatkan kualitas kehidupan sosial akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 14 bulan lamanya dirasakan.

Menuruntya pembangunan rumah khusus nelayan ini diselenggarakan dengan APBN 2020 melalui Satuan Kerja Provinsi Riau, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, dan telah selesai dalam waktu 6 bulan. Rumah khusus nelayan ini katanya, berupa bangunan tempat tinggal sebanyak 30 unit, dengan luas 28 m2 yang terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tengah dan kamar mandi, yang diperuntukkan bagi nelayan MBR di Kabupaten Rohil. "Bagi masyarakat penghuni rumah ini, rawat dan sayangilah dengan baik seperti diri sendiri." . ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Rohil, Umum
wwwwww