Home > Berita > Umum

Mi Aceh dan Gulai Patin Masuk dalam Daftar Makanan Tradisional Sehat di Situs UGM

Mi Aceh dan Gulai Patin Masuk dalam Daftar Makanan Tradisional Sehat di Situs UGM
Minggu, 14 Maret 2021 16:39 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Makanan tradisional Indonesia terkenal lezat dan beragam. Setiap daerah memiliki makanan tradisional yang khas. Dalam situs makanan tradisional sehat UGM disebutkan, menurut Prof. Murdijati Gardjito, Guru Besar Teknologi Pangan UGM, makanan tradisional adalah makanan yang diolah dari bahan pangan hasil produksi setempat, dengan proses yang dikuasai masyarakat. Hasil makanan tradisional berupa produk yang cita rasa, bentuk, serta cara makannya menjadi ciri suatu kelompok masyarakat.

Bagi sebagian masyarakat, makanan tradisional juga menjadi kebanggaan akan daerah kelahirannya. Maka, bisa dikatakan bahwa makanan tradisional merupakan hidangan yang resepnya diwariskan secara turun-temurun atau telah dikonsumsi bertahun-tahun.

Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan 34 provinsi tentu memiliki makanan tradisional beraneka ragam. Mungkin saja setiap daerah memiliki belasan hingga puluhan makanan khas, namun ada beberapa yang populer di nasional bahkan internasional, melansir detik.com.

Berikut makanan tradisional Indonesia yang populer:

1. Rendang

Rendang adalah makanan tradisional Indonesia dari Sumatera Barat. Makanan ini sangat terkenal sampai ke luar negeri. Bahkan chef ternama Gordon Ramsay memasak rendang pada acara National Geographic Uncharted, yang tayang Senin (29/6/2020) lalu. Dalam program tersebut Ramsay didampingi pakar kuliner Indonesia, William Wongso.

2. Gudeg dan Rawon

Gudeg adalah makanan tradisional Indonesia dari Yogyakarta. Gudeg dibuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Dalam membuat Gudeg, diperlukan waktu yang lama yaitu sekitar 18-24 jam. Hal ini dilakukan agar bumbunya menyatu dan bisa mendapatkan rasa manis yang nikmat. Gudeg dimakan bersama nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tempe, tahu, dan sambal goreng krecek.

Sedangkan rawon adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Makanan itu berupa sup daging yang kuahnya berwarna hitam. Kuah hitamnya ini terbuat dari sejumlah bumbu dan rempah bernama kluwek. Rawon baru-baru ini dinobatkan menjadi sup terenak se-Asia di tahun 2020 versi TasteAtlas. TasteAtlas adalah situs yang membahas kuliner di seluruh dunia.

3. Papeda

Papeda adalah makanan tradisional Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu, biasa disantap bersama kuah kuning yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit serta jeruk nipis. Selain papeda ada kue sagu. Kue Sagu juga berasal dari tepung sagu. Kue ini agak keras saat digigit, namun kalau di mulut atau dicelup air akan cepat lunak/lembek.

4. Soto BanjarMakanan Tradisional Indonesia berikutnya Soto Banjar dari Kalimantan Selatan. Bahan utamanya yakni ayam yang beraroma rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh.

5. Mie Aceh

Mie Aceh adalah makanan tradisional Indonesia dari Aceh. Mie ini memiliki bahan utama mie kuning atau mie telor. Biasanya, mie Aceh disajikan dengan potongan daging kambing atau sapi, meskipun ada juga yang mengkombinasikan dengan kepiting, udang, atau cumi. Mie Aceh terbagi dalam tiga jenis, yaitu mie Aceh goreng, mie Aceh kuah atau sup, dan mie Aceh setengah basah. Saat penyajian biasanya ditaburi bawang goreng, emping, mentimun, perasan air jeruk nipis dan potongan bawang merah.

6. Gulai Belacan

Makanan tradisional Indonesia ini ciri khas dari Riau. Gulai Belacan terbuat dari kuah campuran belacan atau terasi, bahannya biasanya memakai udang atau ikan. Lalu di Kepulauan Riau salah satu makanan khas yang terkenal adalah Otak-otak. Ada dua jenis Otak-otak yaitu yang terbuat dari ikan dan dari cumi pesan. Makanan tradisional Indonesia lainnya dapat diklik pada halaman berikutnya

7. Gulai Ikan Patin

Makanan tradisional Indonesia lainnya yakni Gulai Patin dari Jambi. Gulai ikan patin berbeda dari gulai pada umumnya. Gulai khas Jambi ini dimasak dengan tempoyak sebagai bumbu utamanya. Rasanya pun menjadi unik karena ada campuran durian di dalam gulai.

8. Ayam Betutu

Makanan tradisional Indonesia ini berasal dari Bali. Namanya Ayam Betutu. Ayam Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam utuh, berisi bumbu khusus kemudian dipanggang di dalam api sekam.

9. Kerak Telor

Creative PhotosCreative Photos Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit PermadiKerak Telor adalah makanan tradisional Indonesia dari Betawi atau Jakarta. Kerak Telor hampir mirip dengan martabak, tapi isinya berbeda. Bahan-bahannya yaitu beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan), dan kelapa yang disangrai kering. Lalu ditambah bawang merah goreng dan bumbu yang dihaluskan seperti kelapa sangrai, kencur, cabai merah, jahe, garam, dan gula pasir. Kerak telor dimasak di atas tungku arang sehingga rasanya khas.

10. Sop Konro

Sulawesi Selatan memiliki Sup Konro yang terkenal sebagai makanan tradisionalnya. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi, bersama kuah cokelat kehitaman yang dimakan dengan potongan ketupat. Sebagai dessertnya ada juga Es Pisang Ijo. Sesuai namanya es ini terbuat dari pisang dibalut tepung berwarna hijau.

11. Ayam TaliwangMakanan tradisional Indonesia dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini sangat terkenal. Bahan dasarnya adalah ayam yang disajikan dengan bumbu-bumbu seperti cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, tomat merah, terasi goreng, kencur, gula Jawa, dan garam.

12. Mie Bangka

Mie Bangka adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang juga tidak kalah terkenalnya. Makanan ini terbuat dari mie basah kuning yang disiram dengan kuah berbumbu. Biasanya, kuah ini dibuat dari ikan, udang, cumi, atau kepiting dan seringkali ditambah toge atau kecambah, mentimun, dan kerupuk.

Dari berbagai makanan tradisional di atas, mana favoritmu? ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww