Home > Berita > Umum

Inilah Mengalo, Kuliner Khas Suku Sakai di Riau yang Diolah dari Ubi Racun

Inilah Mengalo, Kuliner Khas Suku Sakai di Riau yang Diolah dari Ubi Racun

Mengalo, makanan khas Suku sakai di Riau.

Minggu, 14 Maret 2021 15:32 WIB

POTRETNEWS.com — Suku Sakai merupakan penduduk asli di Riau. Memiliki makanan khas yang tetap dilestarikan dan dijaga cita rasanya secara turun temurun. Namanya Mengalo. Kuliner ini dibuat dari ubi racun yang diolah dengan baik oleh masyarakat adat suku Sakai.

Mungkin bagi sebagian orang rasa ubi mengalo ini agak aneh. Namun siapa sangka Mengalo merupakan makanan favorit yang lezat dan tetap dilestarikan Suku Sakai sampai ke anak cucu.

Mengalo merupakan makanan utama dari Suku Sakai. Proses pembuatannya pun melalui proses yang cukup panjang. Mula-mula, ubi beracun yang baru dicabut dari pohonnya dibersihkan. Kemudian direndam selama kurang lebih tiga hari. Diparut, diperas, kemudian dikeringkan dan disangrai dalam wajan besi.

Maka hasilnya berupa serbuk yang menyerupai kerak nasi ataupun tepung kasar. Cita rasa Mengalo memang agak hambar dan agak apek. Makanan khas ini bisa disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Menurut warga Sakai, Herman, makan Ubi Mengalo sudah menjadi tradisi mereka sejak dahulu. Sejak kecil, ia sudah diajarkan keluarganya untuk mengkonsumsi Mengalo.

"Mengalo ini makanan pokok kami, rasanya enak. Makanan ini dibuat dari ubi racun yang diolah dan bisa tahan lama," kata Herman warga Sakai di Duri, dilansir dari Suara.com, jaringan Minangkabaunews.com, Sabtu (13/3/2021). Ia menjelaskan, memakan Mengalo lebih nikmat jika dicampur dengan gula, melansir minangkabaunews.com. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww