Miliaran Rupiah Dianggarkan untuk Perjalanan Dinas Anggota DPRD Riau ke Eropa

Miliaran Rupiah Dianggarkan untuk Perjalanan Dinas Anggota DPRD Riau ke Eropa

Ilustrasi Sidang Paripurna DPRD Riau

Minggu, 07 Maret 2021 17:35 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Di tengah pandemi Covid-19 dan ekonomi yang sedang terseok-seok, anggota DPRD Riau justru menganggarkan perjalanan dinas ke Eropa yang sudah dianggarkan di APBD Riau tahun 2021. Sebelumnya, anggaran perjalanan dinas anggota DPRD Riau ini menjadi sototan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Provinsi Riau.

Berdasarkan data yang dirilis Fitra Riau, anggaran perjalanan dinas yang dianggarkan pada APBD Riau 2021 ini total mencapai Rp 396,1 miliar. Dari jumlah tersebut Rp 13 miliar digunakan untuk perjalanan dinas ke luar negeri. Dengan rincian Rp 12 miliar untuk anggota DPRD Riau dan Rp 1 miliar untuk sekretariat DPRD Riau.

Pelaksana Harian (Plh) Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy saat dikonfirmasi Tribunpekanbaru.com Minggu (7/3/2021) membenarkan temuan tersebut. Masrul tidak menampik soal perjalanan dinas anggota DPRD Riau yang sudah dianggarkan di APBD Riau.

"Iya, kalau tidak salah ke Eropa," kata Masrul Kasmi membenarkan rencana perjalanan dinas anggota DPRD Riau ke luar negeri di tengah pandemi Covid-19.

Saat ditanya apakah perjalanan dinas ke luar negeri tersebut juga ada yang melibatkan pejabat dari Pemprov Riau, Masrul Kasmy menegaskan tidak ada.

"Kalau dari kita tidak ada, itu dari DPRD Riau saja, karena untuk mengajukan izin ke kementerian dalam negeri kan harus melalui kita dulu," ujarnya.

Namun Masrul enggan menyinggung soal besaran biaya perjalanan dinas yang dianggarkan di APBD Riau tahun 2021 ini. Sebab saat dirinya ditunjuk sebagai Plh, proses pembahasan dan pengesahan APBD Riau sudah selesai. Sehingga, dirinya mengaku tidak tau persisnya seperti apa saat pembahasan APBD waktu itu.

"Proses awal saya tidak tahu seperti apa, alasanya kenapa harus ke Eropa saya juga tidak tahu. Itu kan pasti ada alasannya,” terangnya.

“ Kalau memang perjalanan dinas itu ada hubungannya dengan peningkatan ekonomi dan pembangunan di daerah Riau tentu kita sangat mendukung. Karena ujungnya itu kan apa hasil yang diperoleh dari kunjungan itu," katanya, melansir Tribunnews.com.

Pejabat Pemprov Riau Kompak Bungkam

Sebelumnya, sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau memilih bungkam saat dikonfirmasi terkait anggaran perjalanan dinas yang fantastis di tengah pandemi Covid-19.

Berdasarkan data yang dirilis Fitra Riau, anggaran perjalanan dinas yang dianggarkan pada APBD Riau 2021 ini total mencapai Rp 396,1 miliar. Anggaran perjalanan dinas paling banyak diposkan untuk anggota dewan di DPRD Riau. Selain perjalanan dinas dalam negeri, anggaran tersebut juga diposkan untuk perjalanan dinas keluar negeri.

Tribunpekanbaru.com sudah mencoba mengkofirmasi temuan Fitra Riau ke sejumlah yang berkaitan dengan penyusunan dan pengelolaan anggaran. Namun seluruhnya kompak tidak ingin memberikan jawaban hingga Kamis (4/3/2021) sore. Mulai dari Plh Sekdaprov Riau Masrul Kasmy, Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi.

Kemudian Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE dan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Riau, Emri Juli Harnis. Seluruh pejabat ini tidak ada satu pun yang memberikan klarifikasi. Termasuk pesang singkat berisi pertanyaan seputar anggaran perjalanan dinas yang tribunpekanbaru.com ke WhatsApp juga tidak ada satu pun yang menjawab. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Hukrim
wwwwww