Wabup Bengkalis: Tangani Karhutla Perlu Kerja Sama

Wabup Bengkalis: Tangani Karhutla Perlu Kerja Sama
Rabu, 03 Maret 2021 22:15 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Musibah Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Bengkalis menjadi isu internasional, karena mengakibatkan kabut asap yang menjejal kawasan yang berbatasan langsung dengan Selat Melaka dan Singapura. Dalam menangani musibah ini diperlukan sinergitas dan kerjasama antara Pemerintah, Polri, TNI, swasta dan masyarakat.

Ungkapan tersebut disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso saat ikut berjibaku memadamkan api di Desa Teluk Latak, Rabu (3/3/2021).

Dikatakan Bagus, saat ini perhatian pemerintah juga terus disinergikan dengan Tim Satgas Karhutla, apalagi titik hotspot yang sudah terpantau dari 11 Kecamatan hanya Kecamatan Bukit Batu yang belum ada titik hotspotnya, tentu dibutuhkan kolaborasi dan sinergitasnya.

"Insya Allah kita akan berupaya untuk menangani Karhutla ini. Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang sudah berjibaku untuk memadamkan api, salah satunya menurunkan alat berat," ungkap Bagus.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Tajul Mudaris pula mengucapkan syukur Alhamdulillah karena sudah mendapatkan satu unit mobil tangki dari BNPB Pusat untuk memadamkan api

"Secepatnya kita berusaha untuk menerimanya. Untuk Lahan yang terbakar di Desa Teluk Latak ini lebih kurang 30 Hektare, dan total keseluruhan Kabupaten Bengkalis saat ini lahan terbakar 119 Hektare. Apalagi pada bulan Maret dan April ini kita memasuki cuaca sangat ekstrim, kami berharap kepada masyarakat jangan membuka lahan, ketika memancing dan mengambil madu lebah jangan membuang api rokok sembarangan," pinta Tajul.

Dalam aksi nyata ini, selain Wabup Bagus Santoso dan Kepala BPBD Tajul Mudaris, juga turut Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kapolsek Bengkalis AKP Syeh Syarif, Koramil Bengklis, Danramil 01/Bengkalis Kapten Arh Isnanu serta Tim Satgas Karhutla. ***

wwwwww