Home > Berita > Umum

Bunga Bangkai Tumbuh di Halaman Rumah Warga Pangkalanbatang Barat Bengkalis, Pemiliknya antara Risau dan Bahagia

Bunga Bangkai Tumbuh di Halaman Rumah Warga Pangkalanbatang Barat Bengkalis, Pemiliknya antara Risau dan Bahagia

Lia Wulandari bersama anak keduanya (atas). Bunga Bangkai di halaman rumah Lia Wulandari berumur sekitar 2 pekan, Senin (15/2/2021) malam.

Selasa, 16 Februari 2021 16:33 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Tiba-tiba, handphone milik jurnalis ini berbunyi dengan nada dering lagu "Barzah" pada Senin, 15 Februari 2021 pukul 19.29 WIB. Di layar smartphone Oppo A9 2020 terlihat nama Lia pemilik nama lengkap Juliana (45 tahun) yang tidak lain adalah adik kandung jurnalis sendiri.

Di ujung telpon, malam keempat bulan Rajab 1442 penanggalan Hijriyah tersebut, Lia mengabarkan bahwa Lia (Lia Wulandari, 28 tahun) sang tetangga ingin bertemu. Tak berselang lama, jurnalis pun pulang ke rumah di Jalan Utama RT 13 RW 03 Dusun Kampung Parit Pangkalan Batang Barat, Bengkalis Riau.

Tak berselang lama, setelah tiba di rumah dan segera mematikan mesin sepeda motor Yamaha NMax, sebuah motor Honda Vario pun mengarah ke saya yang digunakan Lia Wulandari.

Lia menyebutkan bahwa di halaman rumahnya tumbuh pohon "Bunga Bangkai" setinggi sekitar 20 cm yang baru diketahuinya Senin sore itu juga sekitar pukul 16.00 WIB karena ketidaknyamanan dengan bau teramat busuk yang setelah dipastikan dengan mencium sejarak satu jengkal. Setelah dilakukan cek di Google oleh adiknya bentuk bunga busuk ikon Bengkulu ini.

"Entah yeh! Macam tak sado, alih-alih ade bunge yang awalnye dulu kecik. Ade bau bangkai, kami caghi lah mane (sumber,red) baunye. Upenye daghi (bunga) situ, busuknye bau die," kata Lia Wulandari dalam dialek Melayu Pesisirnya kepada potretnews.com, Senin (15/2/2020) malam mengawali wawancara.

Diungkapkan Lia, awal kemunculan bunga indah tapi busuk ini sekitar dua pekan silam. "Ghase kami dah due minggu dah. Bunge cantik, tapi kami tak tau bunge ape. Setelah ade bau (busuk), baghu lah tau itu bunge bangkai," tambahnya.

Diakui Lia, kemunculan bunga ini tidak ada bawa petanda unik, baik melalui mimpi atau pun dirinya menabur bibit bunga tadi maupun tanaman lainnya karena beliau bukan penghobi atau kolekstor bunga.

Lia sang perajin Tenun Songket dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) istri dari Juanda ini mengaku risih dan takut ada petanda buruk atas fenomena ini. Anak pertamanya pernah bertanya jika akan menjual bunga rupawan itu yang dijawab Lia seharga Rp 50 juta.

"Tumbuhnye bunge ini ade ghase senang, ade tak senang. Takotnye, tetangge maghah bau busuk. Senangnye sebab bunge ni langka. Sementaghe waktu bunge ni bio lah tumbuh dulu supaye oghang bisa nengok bahwe ini lah bunge bangkai. Kalau tak ade yang nengok, mungkin kami bunoh bunge ni daghi pade teganggu bau busuk," tutur Lia Wulandari di akhir wawancara. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww