Home > Berita > Umum

Secara Nasional Diterapkan pada 2023, tapi Riau Optimis Tahun Ini Zero ODOL

Secara Nasional Diterapkan pada 2023, tapi Riau Optimis Tahun Ini Zero ODOL
Senin, 15 Februari 2021 20:50 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mewujudkan program bebas truk ODOL (Over Dimension Over Load) pada tahun 2023 di Indonesia.

Akan tetapi Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Perhubungan berharap pada tahun 2022 di Riau sudah zero angkutan ODOL.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Indrawansyah Syarkowi saat di wawancarai potretnews.com, Senin (15/2/2021).

“Kita malah berharap akhir tahun 2022 di Riau ini sudah bebas Odol, jadi secara Nasional tahun 2023 tetapi Riau tahun 2022 sudah zero,” Katanya.

Ia menyebutkan bahwa pihak perusahaan yang ada di Riau sudah mengetahui kalau tahun 2023, Indonesia sudah zero ODOL.

“Beberapa waktu lalu kita dari Dishub sudah melakukan rapat bersama dengan komisi III DPRD Riau dan pihak-pihak perusahaan. Disitu kita sudah menegaskan kembali kepada pihak perusahaan bahwa 2023 Indonesia itu zero ODOL, jadi kita sampaikan kepada pihak perusahaan agar segera merencanakan perencanaan normalisasi,” jelasnya.

Indra juga menyampaikan bahwa pemberlakuan aturan mengenai truk ODOL ini akan berlaku penuh pada tahun 2023. Hal ini berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Kementerian PUPR, KEMENPERIND, KORLANTAS POLRI dan stakeholder lainnya yakni pelarangan angkutan ODOL.

Selain itu, dalam melakukan pengawasan terhadap truk ODOL yang ingin melintas melalui jalur laut. Pemprov Riau melalui Dishub telah memasang beberapa jembatan timbang di beberapa pelabuhan.

“Pengawasan ini berdasarkan surat edaran Gubernur Riau nomor 296/SE/2020 tentang penetapan jumlah berat yang di izinkan atau tonase kendaraan angkutan barang dan muatan lintasan pelabuhan penyebrangan Dumai dan Tanjung Kapal dengan maksimal 8 ton,” pungkasnya. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww