Dapat Penghargaan dari KSOP Kelas II Tanjungbuton, Capt Sunyoto: Ini Buah Kerja Sama Semua Awak KMP Swarna Putri

Dapat Penghargaan dari KSOP Kelas II Tanjungbuton, Capt Sunyoto: Ini Buah Kerja Sama Semua Awak KMP Swarna Putri

Capt Sunyoto (no4 dari kanan) foto bersama keluarga besar KSOP Kelas II Tanjungbuton, Rabu (3/2/2021).

Rabu, 03 Februari 2021 22:56 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kinerjanya dianggap baik serta memenuhi kriteria penilaian, Capt Sunyoto, Nakhoda Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Putri menerima penghargaan dari Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungbuton. Penyerahan penghargaan digelar pada pagi tadi (Rabu, 3 Januari 2021) bertempat di Kantor KSOP Kelas II Tanjungbuton dalam satu upacara resmi.

Sunyoto dinilai oleh tim penilai yang bekerja secara diam-diam dan memenuhi 5 kriteria penilaian sebagai nakhoda yang mampu menggerakkan dan mendelegasikan tugas kepada kru kapal sesuai dengan tugas bidang jabatan, mampu melaksanakan fungsi kontrol dan pengawasan dengan baik.

Sunyoto juga melaksanakan perawatan kapal sesuai dengan regulasi, memiliki dedikasi dan tanggungjawab terhadap keselamatan dan kenyamanan penumpang. Selanjutnya, memiliki kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan estetika ruang kapal.

”Kembali kami mengaturkan terima kasih kepada pengguna jasa penyebrangan Bengkalis—Pakning atas kerja samanya dalam menjaga fasilitas dan kebersihan di atas KMP Swarna putri. Tanpa kerja sama Anda, kami di sini tiada berarti apa-apa. Untuk semua crew....semoga sehat selalu, SAFETY FIRST. Dirgahayu KPLP, terimakasih atas penghargaan yg di percayakan kepada kami," tulis Sunyoto di akun Facebook-nya, Rabu, (3/2/2021) kira-kira pukul 14.00 WIB yang mendapatkan 161 like dan 53 komentar. ”Selamt kanda" tulis Faisal Rezpektor pukul 21.36 WIB.

”Di hari ulang tahun KPLP, Alhamdulillah kembali kami diberi penghargaan,” chat-nya kepada potretnews.com, di hari yang sama pukul 14.52 WIB yang juga memberikan informasi bahwa hari jadi KSOP sebenarnya jatuh pada 1 Februari semalam.

Sebelumnya, Capt Sunyoto pernah menerima penghargaan dari KSOP Kelas II Tanjungbuton tetapi diberikan kepada PT Jembatan Nusantara, perusahaan tempat dirinya bekerja.

”Kita di kapal tidak tahu ada tim penilai, yo karena kita sudah biaso (melayani masyarakat dengan baik, red) meskipun tidak ado penilaian. Ini bukan penghargaan pribadi walaupun di (piagam) tertulis namo sayo tapi ini suatu bentuk kerja sama semuo kru kapal sayo berperan di situ. Jadi, penghargaan ini didapat dari kerja sama semua kawan-kawan di kapal, perwira deck, mesin maupun lainnyo samo semuonyo," kata Capt Sunyoto melalui sambungan telepon saat Isya malam tadi.

”Terima kasih kepada Pak KSOP kareno dalam diam dio memantau ruponyo. Kami jadi termotivasi agar ke depannyo bisa berbuat lebih baik lagi untuk masyarakat Kabupaten Bengkalis, Riau pado umumnyo,” ucapnya.

Melalui media ini, Capt Sunyoto berharap kepada pihak-pihak terkait agar saat sekarang cuaca kurang baik, memperhatikan keadaan empat dermaga baik di Bengkalis maupun di Pakning. Di antara kerusakan adalah lampu penerang di ujung dermaga 1 Bengkalis yang tiangnya condong sehingga menyoroti dan menyilaukan mata nakhoda. Begitu juga dermaga 1 Pakning, satu pun tidak ada lampu penerangannya.

”Percuma kito mengemudikan kapal sebaik mungkin kalau pelabuhannyo tidak memadai untuk bersandarnya kapal sehingga membahayokan bagi masyarakat atau pengguna jasa Ro-Ro di Bengkalis dan Pakning. Lampu-lampu kan banyak yang mati, kalau cuaca buruk tidak bisa untuk disandari. Rata-rata semuo lampu di dermaga bermasalah, baik Pakning maupun Bengkalis. Kita dah lapor, Alhamdulillah sampai saat ini belum ado tanggapan dengan alasan bupati kito belum dilantik alasan yang sering terucap dari pejabat terkait," bebernya.

Capt Sunyoto kelahiran Selenseng, 19 Mei 1977. Dahulunya pernah menjadi Mualim III di Ro-Ro Dumai—Batupanjang selama 6 bulan. Lalu pada September 2017 mulai menjadi nakhoda Ro-Ro KMP Swarna Putri Pakning—Bengkalis karena ijazah almarhum Capt Karim tidak memadai lagi sehingga Capt Sunyoto menggantikan posisi ini.

”Kami mengucapkan terima kasih kepado masyarakat umumnyo Kabupaten Bengkalis yang telah sudi naik kapal kami dan mendengar imbauan-imbauan kami untuk menjaga kebersihan dan segala fasilitas yang ado di kapal sehingga menjadi nyaman dan bersih. Tak lupo jugo terima kasih kepada pejabat-pejabat terkait telah bekerjasama dengan baik. Mudah-mudahan ke depannyo kita dapat bekerja sama sehingga pelabuhan tadi nyaman untuk disandari," harap Capt Sunyoto ayah dari sepasang anak yang sekarang nyantri di Pondok Modern Nurul Hidayah (PMNH) Bantan mengakhiri wawancara.

Selain Capt Sunyoto, KSOP Kelas II Tanjungbuton juga memberikan penghargaan kepada Capt Felix, nakhoda KMP Persada Nusantara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww