Home > Berita > Umum

Proyek Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Hubungkan Batam dan Bintan Akan Dibangun Akhir 2021

Proyek Jembatan Terpanjang di Indonesia yang Hubungkan Batam dan Bintan Akan Dibangun Akhir 2021
Selasa, 02 Februari 2021 19:56 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Bintan Kepulauan Riau akan mulai dibangun pada 2022 atau akhir 2021. Pembangunan jembatan yang merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo ini memakan biaya investasi Rp 8,62 triliun.

Pengerjaan proyek jembatan terpanjang di Indonesia ini dikerjakan dengan skema pemerintah dan badan usaha (KPBU). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyiapkan prakualifikasi tender pada bulan ini.

"Jembatan - Batam Bintan saat ini kita sedang siapkan prakualifikasinya di bulan Februari, barusan baru menerima finalisasi dan review basic desain. Pertimbangan kapan konstruksi baru di 2022 awal atau akhir 2021," kata Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Eko Di Heripoerwanto, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V, Senin (1/2/2021), melansir cnbcindonesia.com.

Pembangunan jembatan Batam - Bintan masuk dalam major project rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, yang diperkirakan membentang 14,75 km.

Lokasi jembatan sudah ditetapkan yaitu di kawasan Kabil - Tanjung Sauh yang menjadi landing point. Bagian kedua Tanjung Sauh - Pulau Buarua, bagian ketiga Pulau Buau - Kabupaten Bintan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww