Berkapasitas 561 Orang, Rutan Kelas I Pekanbaru Dihuni 1.530 Tahanan

Berkapasitas 561 Orang, Rutan Kelas I Pekanbaru Dihuni 1.530 Tahanan

Ilustrasi/INTERNET

Jum'at, 08 Januari 2021 17:40 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Overkapasitas lembaga permasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) seperti masalah klasik yang tak berkesudahan di di Indonesia.

Kondisi ini pun terjadi di Rutan Kelas I Pekanbaru. Kendati kapasitas rutan ini hanya mampu menampung sebanyak 561 orang, namun kenyataannya hotel prodeo ini menampung sebanyak 1.530 orang.

Informasi itu disampaikan Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru, Muhammad Lukman. Ia mengungkapkan bahwa saat ini jumlah warga binaan di rutan yang dipimpinnya terdiri dari 720 orang tahanan dan 1.191 orang narapidana.

”Tercatat di Januari ini sebanyak 1.530 orang dalam rutan ini. Dari jumlah itu, sebanyak kira-kira 381 tahanan masih berada di polres dan polsek jajaran serta statusnya masih A2 atau tahanan jaksa,” Ungkapnya kepada potretnews.com, Jumat (8/1/2021).

Lukman yang mengaku belum lama menjabat sebagai Kepala Rutan Kelas I Pekanbaru juga menyatakan angka tersebut sudah overload. Idealnya, lanjut mantan Kalapas Kelas II B Pasirpangaraian ini, Rutan Sialangbungkuk ini hanya menampung kira-kira 500 orang saja.

”Dengan kondisi rutan overload seperti ini, langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah melakukan pendekatan persuasif dengan warga binaan, memperkuat petugas, memberikan ruang kegiatan yang positif kepada warga binaan,” ujarnya.

Pada bagian lain Lukman menambahkan, bagi tahanan yang statusnya nanti sudah ditetapkan sebagai narapidana akan dipindahkan ke lapas-lapas yang ada di Pekanbaru. ***

Kategori : Pekanbaru, Hukrim
wwwwww