Jorok! Sampah Bertumpuk di Jalan Siak II Pekanbaru dan Belakang Eks SPN Polda Riau

Jorok! Sampah Bertumpuk di Jalan Siak II Pekanbaru dan Belakang Eks SPN Polda Riau

Penumpukan sampah di Jl Siak II Pekanbaru.

Kamis, 07 Januari 2021 19:30 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com— Pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru semakin tak terkendali. Tumpukan sampah terjadi di sejumlah titik. Misalnya saja di belakang bekas Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau di Rumbai dan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), Jalan Siak II, Palas.

Berdasarkan pemantauan potretnews.com, Kamis (7/1/2021), terjadi penumpukan sampah sepanjang kurang lebih 100 meter di pinggir jalinsum, Jalan Siak II ini.

Selain membuat pemandangan tak elok di Kota Madani ini, tumpukan sampah organik dan anorganik hasil sisa kegiatan rumah tangga itu pun menimbulkan bau tidak sedap atau aroma busuk.

Diketahui sebelumnya, penumpukan sampah ini terjadi karena habisnya kontrak pihak ketiga pengelola angkutan sampah pada akhir Desember 2020 lalu.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Hamdani pun angkat bicara. Dirinya menyarankan agar Pemerintah Kota Pekanbaru agar menyerahkan pengelolaan sampah ini kepada pihak Kecamatan dan Kelurahan.

“Kalau untuk efektifitas dan efisiensi, alangkah baiknya di serahkan kepada kecamatan atau kelurahan. Pemko Pekanbaru tinggal mengevaluasi saja nanti, mampu atau tidak camat dan lurah menyelesaikan masalah sampah di wilayahnya,” ujarnya kepada potretnews.com, Kamis (7/1).

Selain dengan berakhirnya kontrak dengan pihak ketiga, kata Hamdani, penumpukan sampah ini juga ada kaitannya dengan pemecatan tenaga harian lepas (THL) yang notabene bekerja di pihak ketiga tersebut.

“Kalau kaitannya dengan pemecatan THL tentu ada hubungannya dengan penumpukan sampah ini. Yang tidak etis, kenapa mereka (THL) ini dipecat melalui pesan whatsapp dan dikirimkan pada tengah malam?,” pungkasnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Lingkungan
wwwwww