Home > Berita > Riau

”Budi Murawan”, Solusi di Masa Pandemi

”Budi Murawan”, Solusi di Masa Pandemi

Kolam berisi lele yang menerapkan metode ”Budi Murawan”.

Selasa, 05 Januari 2021 16:28 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com — Pandemi Covid-19 masih jauh dari tanda-tanda akan berakhir di Indonesia. Hampir semua orang memikirkan kiat bertahan hidup di masa sulit ini. Mereka terus memutar otak dan mencari solusi yang tepat.
Dari sejumlah peluang yang berpotensi meraup rupiah, budi daya ikan lele menjadi alternatif yang tepat dicoba warga terdampak di era pandemi. Apalagi usaha ini tidak memerlukan modal besar.

Budi daya ikan lele memang sudah biasa terdengar di telinga orang awam. Namun, tidak dengan penerapannya. Asal ada kemauan, siapa pun bisa membudidayakan ikan lele tanpa harusmerasa kelelahan dengan metode yang tepat dan mudah.

Ngomogin metode tentu saja membuat orang penasaran dan ingin langsung mencobanya di rumah. Eits tunggu dulu, sebelum nyobain budidaya ikan lele dengan metode ini di rumah, Anda harus punya benih lele dan wadahnya dulu. Anda boleh langsung membeli benih lele yang terpercaya kawasan tempat tinggal dan menyediakan wadah untuk budidaya ikan lelenya.

Ngomongin wadah, Anda bisa menggunakan bak air yang sudah tidak digunakan lagi seperti gambar yang di atas ataupun membuat kolam 2x1 m di pekarangan rumahnya masing-masing. Setelah wadah dan benih ikan lele tersedia, langsung saja ke metodenya, biar Anda tidak dibuat mati penasaran.

Metode ini dinamakan ”Budi Murawan” yang merupakan singkatan dari budi daya, murah, ramah dan menawan. Sesuai dengan nama metodenya, biaya pengeluaran tidak mahal dan hanya menggunakan bibit ikan lele dan wadahnya saja.

Dalam pengerjaannya, Anda cukup memberikan makanan ikan 3 kali dalam sehari, seperti sayur kangkung atau pelet ikan lele. Kemudian telaten melakukan pengawasan terhadap ikan lele, dikarenakan bisa saja bibit ikan tadi mati dan menimbulkan bau yang tidak enak.

”Budi daya ikan lele harus diperhatikan dengan benar-benar bibitnya, dibersihkan tempatnya, biar ga berdampak ke lingkungan juga akibat dari bau ikan yang mati,” ujar Dawa, warga Riau yang telah mencoba metode Budi Murawan.

Dia mengingatkan, jika telah menerapkan metode dengan baik dan benar serta konsisten, hampir dipastikan budi daya lele akan berhasil dan pemiliknya hanya tinggal bergoyang kaki saja di rumah tanpa harus merasa lelah. tentunya budidaya dengan

”Motede ini mudah dan murah,” pungkasnya, baru-baru ini. ***

Penulis adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau

Kategori : Riau, Umum
wwwwww