Agar Asap Dapur Tetap Mengepul, Ibu Rumah Tangga Bakal Dapat BLT

Agar Asap Dapur Tetap Mengepul, Ibu Rumah Tangga Bakal Dapat BLT

Ilustrasi/INTERNET

Selasa, 05 Januari 2021 12:16 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kabar menggembirakan bagi kaum ibu datang dari pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) bagi ibu rumah tangga. Hal ini menyusul tingginya kekerasan rumah tangga akibat pandemi Covid-19.

Sri Mulyani menilai, kekerasan dalam rumah tangga efek Covid-19 wajib diwaspadai. Pasalnya, pandemi Covid-19 secara tidak langsung menyerang kesehatan mental.

"Ini harus waspadai, jadi bukan hanya kualitas uang yang berdampak efek Covid-19 saja tapi dari sisi mental dan kesehatan masyarakat harus kita waspadai," ujarnya, Selasa (5/1/2020), melansir iNews.id.

Karena itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan program bantuan langsung tunai (BLT) kepada ibu rumah tangga untuk menekan tingkat kekerasan rumah tangga. Tujuan pemberian bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan dapur.

"Kita siapkan anggaran, tapi nanti ibu rumah tangga yang menerima untuk mengatasi kebutuhan dapur. Jadi PKH (Program Keluarga Harapan) ini memang ditujukan untuk perempuan," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penyaluran bansos pada tahun ini lebih cepat sampai dan tepat sasaran. Dia pun telah memberikan bantuan tunai pada awal 2021.

Jokowi mengatakan, program bantuan sosial diberikan kepada masyarakat karena terdampak pandemi Covid-19. Karena itu, dia berharap bantuan yang diterima bisa mengurangi beban keluarga penerima di masa pandemi ini.

"Penyaluran Bantuan Tunai tahun 2021 di seluruh tanah air dilakukan melalui bank-bank milik negara dan kantor pos langsung kepada para penerima. Bantuan lebih cepat sampai, tepat sasaran, dan tanpa potongan," tulis Jokowi di akun Twitter, Selasa (5/1/2021). ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww