Home > Berita > Riau

Peringati Bulan Bahasa, Prodi PBSI FKIP Unri Gelar Lomba secara Virtual

Minggu, 03 Januari 2021 12:06 WIB
Akham Sophian
peringati-bulan-bahasa-prodi-pbsi-fkip-unri-gelar-lomba-secara-virtualFlyer lomba sempena Bulan Bahasa yang digelar Prodi PBSI FKIP Unri.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI), Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguguran dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Riau (Unri) menggelar lomba dalam rangka memperingati Bulan Bahasa tahun 2020.

Bulan Bahasa adalah program tahunan yang tak pernah absen dari prodi ini. Perhelatan tersebut merupakan wujud apresiasi Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober, sekaligus memperingati bahasa nasional bumi pertiwi, yakni Bahasa Indonesia.

Apresiasi ini kemudian dibungkus secara lebih variatif dengan menghadirkan bermacam ajang lomba yang dapat diikuti oleh peserta lomba dari berbagai usia. Pandemi Covid-19, bukanlah alasan absennya program tahunan ini.

Adapun secara lebih rinci, kategori lomba, dan usianya yaitu sebagai berikut:

1. Lomba tulis puisi dengan tema " Raungan Negeri Masa Pandemi" dapat diikuti oleh peserta berusia 13-23 tahun. Pengiriman naskah dapat dilakukan melalui link https://bit.ly/LombatulispuisiBBUR2020 Dengan penanggungjawab yaitu Artika Wulandari. Narahubung : 0822-8522-9758.

2. Lomba tulis cerpen dengan tema " Peran Budaya Sebagai Jati Diri Bangsa di Era Pandemi", dapat diikuti oleh peserta berusia 13-23 tahun. Pengiriman naskah dapat melalui link https://bit.ly/LombatuliscerpenBBUR2020 Dengan penanggung jawab yaitu Titi Yustia Siregar. Narahubung : 0822- 8522-9758.

3. Lomba tulis esai dengan dua tema, silakan dipilih salah satu yaitu; pendidikan dengan tema "Inovasi Pembelajaran Online di Masa Covid-19", dan sosial dengan tema " Peran Media Sosial sebagai Pembentuk Pola Pikir Masyarakat saat Masa Pandemi Covid-19." Dengan penanggung jawab yaitu Army Mulya Kusuma. Narahubung : 0822-6881-9288

Adapun sesi proses mulai dari pendaftaran hingga pengumuman pemenang lomba adalah sebagai berikut:

1. Pendaftaran dan pengiriman berkas: 14 Desember 2020 s.d. 8 Januari 2021

2. Penilaian juri : 10 s.d.15 Januari 2021

3. Pengumuman : 17 Januari 2021

Perlombaan tersebut dikoordinir Aryo Mardipep, selaku ketua pelaksana, Zuhra Dwi Nanda Putri sebagai sekretaris, dan Novi Roza Primardhani di posisi bendahara.

Mereka didukung penuh seluruh panitia Bulan Bahasa Universitas Riau, yaitu mahasiswa/i Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Selain itu, kegiatan ini mendapat dukungan positif dari Dekanat FKIP Unri. Kegiatan Bulan Bahasa yang diadakan di tengah pandemi, berlangsung secara online. Hal ini diupayakan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

Ketua Panitia Pelaksana Aryo Mardipep dalam keterangan tertulis yang diterima potretnews.com, Ahad (3/1/2021) siang mengatakan, meskipun perlombaan diadakan secara online, partisipasi mahasiswa/mahasiswi sangat antusias. Mereka saling berkontribusi, mencipta mahakarya, sebagai bentuk apresiasi peringatan Sumpah Pemuda, tanpa gentar oleh pandemi. Hal ini sebagai wujud kinerja aktif, inovatif, sekaligus pencetus media baru dalam situasi yang menyulitkan dunia.

Kendati demikian, prestasi literasi bukan masalah yang harus dihadapkan pada keadaan. Prestasi literasi tetap bersinergi, sekalipun semesta dilanda pandemi.

”Mari salurkan minat dan bakat literasi di tengah Pandemi melalui prestasi literasi di Bulan Bahasa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Riau,” ujar Aryo Mardipep. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww