Wartawan ”Spesialis” Konflik dan Perang Jadi Pembicara di Workshop Jurnalistik potretnew.com 2020

Wartawan ”Spesialis” Konflik dan Perang Jadi Pembicara di Workshop Jurnalistik <i>potretnew.com</i> 2020

Wartawan senior, M Nasir/ISTIMEWA

Sabtu, 19 Desember 2020 08:16 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Nama Mohammad Nasir mungkin terdengar asing di Provinsi Riau. Tapi di internal Surat Kabar Harian Kompas, sosok ini amat populer. Bukan saja karena dirinya tergolong senior karena sudah menjadi reporter sejak 1989 (pensiun 2018), namun karena pembawaannya yang sederhana, santun, dan rendah hati.

Itulah antara lain yang menjadi pertimbangan Koran Online potretnews.com mendapuk wartawan ”spesialis” konflik/perang di dalam & luar negeri, di antaranya perang di Bosnia dan Kamboja, menjadi pembicara workshop jurnalistik 2020 pada Sabtu (19/12/2020) pagi. Workshop tahun ini merupakan kali kelima yang digelar berturut-turut sejak 2016. Hanya saja, akibat wabah virus corona, pelaksanaannya secara virtual.

Mengusung tema Pers di Tengah Pandemi, Dilema Meliput Wabah Corona; Antara Tuntutan Pekerjaan dan Ancaman Kesehatan, oleh panitia workshop Nasir diminta oleh panitia untuk berbagi pengalaman tentang Tips Meliput Aman di Tengah Pandemi Covid-19. Karena meliput di masa pandemi memang dilema. Di satu sisi meliput berita merupakan tuntutan pekerjaan, sedangkan pada bagian lain ada ancaman kesehatan.

Sebelum Nasir berbagi pengalamannya, menurut Ketua Panitia Pelaksana (OC) Workshop 2020, Vivi Ayunar, terlebih dahulu Gubernur Riau selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau akan tampil sebagai keynote speaker. Orang nomor satu di negeri berjuluk Bumi Lancang Kuning ini akan menyampaikan pokok bahasan Strategi Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau.

Pada bagian lain Vivi Ayunar mengatakan, kesuksesan acara tak terlepas dari dukungan sejumlah sponsor. Mulai dari Pemerintah Provinsi Riau, PT Chevron Pacific Indonesia, Bank Riau Kepri, PT RAPP (APRIL Group), Asian Agri, PT Indah Kiat/PT Arara Abadi (Sinarmas Group), Universitas Lancang Kuning (Unilak), PT Telkomsel, PT Sari Dumai Sejati (Apical Group), Armina Daily, PT Agro Abadi, dan PT Sarana Pembangunan Riau (SPR).

Selain entitas pemerintah, perusahaan, dan institusi pendidikan, sejumlah tokoh juga turut meyokong kegiatan ini. Mereka antara lain; Ahmad Doli Kurnia (Ketua Komisi II DPR RI/Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar), Yan Prana Jaya (Sekda Provinsi Riau), Zul Ikram (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau), Hamdani (Ketua DPRD Kota Pekanbaru), Ginda Burnama (Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru), Indra Pomi (Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru), Supriyanto (Ketua KPU Kabupaten Rokan Hilir), dan Jaka Abdillah (Anggota Bawaslu Kabupaten Rokan Hilir).

”Kepada semua pihak yang telah menyokong kegiatan ini hingga berlangsung sukses kami ucapkan terima kasih,” ujar Vivi. ***

BIODATA SINGKAT MOHAMMAD NASIR

-Lahir di Lamongan, 11 Maret 1958 
⁃ Pendidikan terakhir: Magister Ilmu Filsafat Universitas Indonesia. 
⁃ Wakil Ketua Umum Yayasan Pendidikan Multimedia Adinegoro yang menaungi Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), Jakarta, lembaga yang didirikan oleh Dewan Pers. 
⁃ Penguji pada lembaga Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. 
⁃ Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat PWI Pusat 
⁃ Wartawan Harian Kompas (1989- 2018). 
Selama menjadi wartawan sering meliput konflik di dalam negeri dan luar negeri, termasuk perang Bosnia, dan Kamboja. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww