Home > Berita > Umum

Gubernur Riau Syamsuar Masih Positif Covid-19 Berdasarkan Hasil Tes Swab Keempat

Gubernur Riau Syamsuar Masih Positif Covid-19 Berdasarkan Hasil Tes Swab Keempat

Gubernur Riau Syamsuar.

Senin, 14 Desember 2020 17:07 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau Syamsuar dan istrinya Hj Misnarni hingga Senin (14/12/2020) masih dirawat di ruang Pinere RSUD Arifin Achmad. Keduanya diketahui terinfeksi Covid-19 sejak Selasa (1/12/2020) lalu.

Artinya hingga saat ini Syamsuar dan istrinya sudah dirawat di rumah selama 14 hari. Sebelumnya Syamsuar dan istri sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta yang ada di Kota Pekanbaru.

Namun sejak Jumat (11/12/2020) malam, Syamsuar dan Misnarni dirujuk ke RSUD Arifin Ahmad atas permintaan keluarga.

"Kondisi Pak Gubernur dan ibu (Hj Misnarni) stabil," kata Direktur RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzelly Khusnedi saat dikonfirmasi terkait kondisi terkini perkembangan kesehatan Gubri Syamsuar di RSUD Arifin Achmad, Senin (14/12/2020) sore.

Nuzelly mengungkapkan, meski kondisi Syamsuar dalam keadaan yang stabil, namun tim dokter yang menangani gubernur belum mengizinkan pasien pulang. Sebab ada pertimbangan tersendiri bagi tim dokter yang belum mengizinkan Syamsuar pulang ke rumah.

"Itu tim dokter yang paham, yang jelas kita setiap hari terus melakukan pemantauan dan tim dokter juga terus menyampaikan laporan ke kami, dan sejauh ini kondisi Pak Gubernur stabil," ujarnya.

Selain pertimbangan medis, Gubernur Syamsuar belum diizinkan pulang karena hasil swab keempat masih menunjukkan hasil yang positif.

Sehingga Syamsuar harus dirawat dan diisolasi terlebih dahulu di rumah sakit. "Tapi teknisnya itu tim dokterlah yang paham, itu saya serahkan ke tim dokter," katanya, melansir dari tribunnews.com.

Nuzelly kembali meminta doa kepada masyarakat untuk kesembuhan Gubri Syamsuar dan istrinya serta seluruh pasien Covid-19 yang saat ini masih dirawat di rumah sakit. "Sama-sama kita berdoa, semoga cepat membaik dan angka positif Covid-19 di Riau bisa menurun.”

”Yang paling penting 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. Mari sama-sama kita cegah kerumunan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19," imbau Nuzelly.

Setelah dipindahkan ke ruang Pinere RSUD Arifin Ahmad, Gubri Syamsuar dan istrinya Hj Misnarni mendapatkan perawatan intensif dari pihak rumah sakit.

Pihak RSUD bahkan sudah menunjuk sebelas dokter yang ditugaskan untuk memantau kondisi kesehatan Gubri Syamsuar dan istrinya.

Beberapa dokter tersebut, diantaranya merupakan dokter spesialis paru, anastesi, spesialis jantung hingga penyakit dalam dan dokter konsultan. ”Untuk pemantauan sebelas dokter itu langsung berkoordinasi dan intens mengecek kondisi Pak gubernur, setiap hari kita lakukan evaluasi," ucap Nuzelly.

Seperti diketahui, setelah sempat dirawat di salah satu rumah sakit swasta di Pekanbaru ,Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama istrinya Hj Misnarni akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad.

Syamsuar dan Hj Misnarni dibawa ke RSUD Arifin Ahmad, Jumat (11/12/2020) malam. Sebelumnya Syamsuar menjalani perawatan selama lebih kurang 10 hari di rumah sakit swasta yang ada di Kota Pekanbaru.

Sempat Beredar Kabar Dirawat di ICU
Gubernur Syamsuar bersama istrinya diketahui terjangkit Covid-19, Senin (30/11/2020) lalu. Namun keduanya tidak menunjukkan gejala yang berat. Meski demikian, tim medis memutuskan untuk mengisolasi Syamsuar dan istrinya di rumah sakit.

Dirujuknya Syamsuar dan istri ke RSUD Arifin Achmad menimbulkan banyak pertanyaan terkait dengan kondisi orang nomor satu di Riau ini.

Apalagi sebelumnya sempat beredar kabar jika Gubri Syamsuar dirawat secara intensif di ruang ICU RSUD Arifin Achmad. Namun kabar tersebut dibantah oleh Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Riau, dr Indra Yovi, Ahad (13/11/2020).

Di hadapan awak media saat menggelar konprensi pers di Posko Covid-19 Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Yovi memastikan kondisi kesehatan Gubri Syamsuar dan istri stabil dan terus membaik. Sehingga Gubri Syamsuar tidak perlu dirawat di ruang ICU.

"Kondisi Pak Gubernur stabil, baik, komunikasinya bagus, tidak ada masalah, demam juga tidak ada, jadi tidak betul kalau ada yang menyebutkan dilarikan ke ruang ICU," kata Indra Yopi.

Yovi mengungkapkan, dirujuknya Syamsuar dan istri ke RSUD Arifin Achmad merupakan keinginan dari keluarga pasien. Jadi tidak ada kaitanya dengan kondisi kesehatan Gubri Syamsuar.

Sebab menurut Indra Yovi, hingga saat ini kondisi kesehatan Gubri Syamsuar dan istri stabil dan baik-baik saja. "Kemarin itu permintaan dari keluarga untuk melanjutkan perawatan di RSUD Arifin Achmad. Supaya bisa dekat dengan rumah dan ada beberapa faktor lain yang dipertimbangkan keluarga dan Pak Gubernur sendiri untuk dirawat di RSUD," ujarnya.

Yovi mengungkapkan, saat ini Syamsuar dirawat di ruang Pinere RSUD Arifin Achmad. Ruang ini memang dibuat oleh pihak rumah sakit khusus untuk pasien Covid-19.

Selain Gubri Syamsuar dan istri ada puluhan pasien Covid-19 lainya yang juga dirawat di ruang Pinere ini. "Kita doakan bersama semoga beliau diberikan kesembuhan sehingga bisa beraktivitas seperti biasa," katanya.

Mengeluh Kurang Enak Badan
Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dinyatakan positif Covid-19, Selasa (1/12/2020) setelah sebelumnya merasa kurang enak badan.

Kondisi tersebut ia rasakan sesaat setelah selesai menghadiri rapat paripurna pengesahan APBD Riau 2021 di DPRD Riau, Senin (30/11/2020) lalu.

"Selesai menghadiri paripurna di DPRD Riau itu, pak gubernur mengeluh kurang enak badan. Jadi kami sarankan agar beliau melakukan swab. Kemudian pak gubernur sore itu juga melakukan swab, setelah hasilnya keluar ternyata benar, pak gubernur positif Covid-19," katanya.

Sebelum dinyatakan Positif Covid-19, istri Gubri, Hj Misnarni lebih duluan dinyatakan Positif Covid-19. Selain Gubri Syamsuar dan istrinya juga ada dua ajudan Gubri Syamsuar dan istrinya yang juga dinyatakan positif Covid-19. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww