Sejarah Baru, Andrei Angouw Bakal Jadi Wali Kota Pertama Beragama Konghucu di Indonesia

Sejarah Baru, Andrei Angouw Bakal Jadi Wali Kota Pertama Beragama Konghucu di Indonesia

Andrei Angouw/INTERNET

Sabtu, 12 Desember 2020 12:31 WIB

MANADO, POTRETNEWS.com — Pemilihan kepala daerah (pilkada) selalu menorehkan sejarah baru. Calon Wali Kota (Cawalkot) Manado Andrei Angouw bakal menjadi wali kota pertama beragama Konghucu di Indonesia. Kemudian, dia merupakan calon kepala daerah terkaya urutan kelima.

Tidak main-main, dia tercatat memiliki nilai harta mencapai Rp273.575.845.945. Data ini sesuai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kekayaannya melewati Calon Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang hanya menempati urutan 9 dengan nilai harta Rp179.156.295.217.

Itu artinya, jika nantinya hasil penghitungan suara berjenjang oleh KPU memenangkan Calon Wali Kota Manado Andrei Angouw yang berpasangan dengan Richard Sualang, maka akan ada sejarah baru tercipta di Sulawesi Utara (Sulut).

Politikus PDI Perjuangan itu tak hanya bakal menjadi wali kota pertama dari etnis Tionghoa yang beragama Konghucu namun juga terkaya.

”Ini yang membuat kami senang. Jika nanti benar-benar menang, semoga pak Andrei akan sungguh-sungguh mengabdi untuk kepentingan rakyat Manado,”kata Adly Azhim, warga Manado, melansir dari iNews.id.

Diketahui, hasil hitung cepat LSI Denny JA menunjukkan pasangan calon Andrei Angouw-Richard Sualang (AARS) unggul di Pilkada Manado tahun 2020 dengan 36,46 persen.

Sementara pesaing terdekatnya Paula Runtuwene-Harley Mangindaan (Paham) meraih 27,62 persen, Mor Bastiaan-Hanny Joost Pajouw (Mor-HJP) 22,69 persen, dan Sonya Kembuan-Syarifudin Saafa hanya mendapatkan 13,24 persen.

"Data yang masuk memang belum 100 persen, baru 98,40 persen, tapi ini sudah tidak akan ada perubahan berarti,” ujar Supervisor Riset Konsultan Citra Indonesia (KCI) Firman, Rabu (9/12/2020). ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik
wwwwww