Berburu Durian di Akhir Pekan, Ini Tips Langsung dari sang Penjual

Berburu Durian di Akhir Pekan, Ini Tips Langsung dari sang Penjual

Swalis, penjual durian asal Kampar di Pekanbaru/POTRETNEWS.com/RACHDINAL

Sabtu, 12 Desember 2020 08:17 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Durian adalah buah dengan tekstur kulit berduri dengan aroma menyengat. Buah yang terkenal dengan harga mahal dibandingkan buah-buahan lainnya, sering membuat ”galau” pecintanya yakni pada saat memilih rasa yang enak dan legit.

Ternyata ada tips khusus bagi pecinta durian agar mendapat buah yang manis dan lezat dan sangat penting tidak kecewa setelah merogoh kocek.

Pada Jumat (4/12/2020) petang pekan lalu, potretnews.com singgah ke salah satu gerobak durian yang berada di Jalan Riau ujung, Pekanbaru, Riau. Swalis (49), sang penjual durian, ternyata tak pelit berbagi ”ilmu” memilih durian enak.

”Kalau mau memilih durian jangan lihat warna luarnya, karena tak semua buah durian sama jenisnya, ada yang warna hijau, kuning dan kecokelatan, misalnya durian jenis musang king itu warna kulitnya identik kuning sedangkan buahnya oranye, lalu kulit durian yang berwarna hijau tak selamanya itu tak matang,” ujar pria yang akrab disapa Ocu, warga asal Kampar itu.

Dia mengaku sudah berjualan durian di Jalan Riau ujung persis di depan Universitas Abdurabb selama kurang lebih sepuluh tahun.

”Jika ingin melihat fisik durian, carilah yang bentuknya lonjong. Yang bagus itu biasanya yang lonjong, tetapi tergantung pohonnya, kalau rasa sih sama aja,” katanya.

Selain fisik durian, tutur Ocu, cobalah juga untuk mencium aroma wangi pada buah. Buah durian yang matang, walaupun belum dibuka kulitnya, aromanya sudah menembus. ”Biasanya saya kasih coba cium aroma durian tersebut kepada pembeli, biar dicium senidiri wangi apa engga, kalau kita kan pedagangnya udah tahu, gak usah nyium,” pungkasnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww