Home > Berita > Riau

Selamat Hari Pemungutan Suara Pilkada 2020, KPU Riau Imbau Masyarakat tak Khawatir Datang ke TPS

Selamat Hari Pemungutan Suara Pilkada 2020, KPU Riau Imbau Masyarakat tak Khawatir Datang ke TPS

Anggota KPU Riau, Abdul Rahman.

Rabu, 09 Desember 2020 07:18 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Serangkaian tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) telah digelar, termasuk 71 hari masa kampanye. Dan kini, pilkada serentak tinggal menunggu puncaknya, yakni pemungutan suara pada 9 Desember 2020.

Pilkada serentak dilaksanakan di 270 wilayah, yakni 9 provinsi, 37 kota dan 224 kabupaten. Sedangkan di Riau sendiri ada 9 Kabupaten/Kota yang ikut dalam pesta demokrasi ini.

Tetapi pilkada serentak tahun 2020 ini agak sedikit berbeda dengan pelaksanaan Pilkada serentak sebelumnya yakni digelar di tengah masa pandemi Covid-19.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Abdul Rahman mengatakan masyarakat tak perlu merasa khawatir datang ke tempat pemungutan suara (TPS) guna menyalurkan hak suaranya.

”Ya pemilih tak perlu khawatir, karena KPU sudah menyiapkan skenario penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 di TPS,” kata Rahman kepada potretnews.com, Selasa (8/12/2020).

Rahman juga memastikan dari awal pemilih hendak masuk ke TPS, pemilih diwajibkan untuk menggunakan masker dam mencuci tangan menggunakan sabun. Kemudian akan diberi sarung tangan plastik sekali pakai.

”Kita tetap waspada maka dalam proses pemilihan besok harus sesuai dengan prokes yang ketat, hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan virus covid-19” ujarnya.

Komisioner Divisi perencanaan, Data dan Informasi KPU Riau ini juga mengimbau masyarakat agar tidak memiliki rasa takut yang berlebihan dan pada akhirnya takut untuk datang ke TPS serta tidak menggunakan hak pilihnya.

”Jangan takut, semua skenario prokes sudah dipersiapkan dengan matang. Selamat hari pemungutan suara Pilkada 2020, Mari gunakan hak pilih Anda dengan benar, pilih dengan nurani Anda, dan semoga pilihan Anda bisa menentukan perjalanan daerah 5 tahun ke depan bahkan lebih dari itu. Jangan Golput karena Anda bisa jadi penentu masa depan,” pungkasnya.

Adapun 9 daerah di Riau yang melaksanakan pemungutan suara pilkada secara serentak pada hari ini yaitu; Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten  Rokan Hulu, dan Kabupaten Rokan Hilir. ***

Kategori : Riau, Politik
wwwwww