Home > Berita > Umum

Enam Sekretaris Dinas Pemprov Riau Kendalikan Roda Pemerintahan OPD karena Bosnya Jalani Perawatan Terkait Covid-19

Enam Sekretaris Dinas Pemprov Riau Kendalikan Roda Pemerintahan OPD karena Bosnya Jalani Perawatan Terkait Covid-19

Ilustrasi/INTERNET

Rabu, 09 Desember 2020 16:40 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebanyak enam kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah menjalani perawatan terkait Covid-19. Meski sejumlah kepala dinas tersebut dinyatakan positif Covid-19, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Ikhwan Ridwan memastikan roda pemerintahan di masing-masing OPD tersebut tetap berjalan seperti biasa.
Ikhwan menegaskan, untuk sementara tugas kepala OPD akan dijalankan oleh sekretaris OPD yang ditunjuk sementara untuk menggantikan posisi kepala OPD.

Ikhwan Ridwan mengatakan, meskipun ada enam kepala OPD yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit dan ada juga yang menjalani isolasi mandiri. Namun pihaknya memastikan pekerjaan di OPD tersebut masih tetap berjalan.

"Jadi pekerjaan di OPD masih tetap berjalan, untuk menggantikan tugas sementara kepala OPD. Sudah ditunjuk masing-masing sekretarisnya," kata Ikhwan, Rabu (9/12/2020).

Dalam menjalankan pekerjaan, para sekretaris OPD tersebut juga terus menjalin komunikasi dengan para kepala OPD-nya. Komunikasi dilakukan khusus untuk pekerjaan yang sifatnya memerlukan keputusan yang penting.

"Kalau ada keputusan yang penting, sekretaris tetap berkoordinasi dengan kepala OPD melalui handphone. Karena memang yang sifatnya kebijakan penting, harus tetap diambil oleh kepala OPD nya," sebutnya, melansir tribunnews.com.

Koordinasi tersebut bisa dilakukan, demikian Ikhwan, karena dari enam kepada OPD yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut.

Di antaranya Kepala Dinas Kebudayaan Raja Yoserizal Zein, Kepala Biro Pembangunan Ariyadi, Kepala Dinas Perikanan, Herman Mahmud, Kepala Biro Adpin Azura dan Kepala Dinas Kominfo Chairul Rizky, Kadisperindag Asrizal.

"Jadi kebanyakan kepala OPD yang positif tersebut, menjalani isolasi mandiri. Jadi masih tetap bisa berkomunikasi, hanya satu yang menjalani perawatan di rumah sakit," ujarnya.

Ikhwan Ridwan mengatakan, hingga saat ini total ada 483 pegawai yang dinyatakan positif Covid-19. Namun sebagian besar sudah sembuh. Hingga saat ini total pegawai Pemprov Riau yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 mencapai 434 orang.

Ikhwan mengungapkan, jumlah pasien yang positif Covid-19 dan akhirnya bisa sembuh memang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan rata-rata pegawai tersebut tergolong sebagai pasien tanpa gejala.

"Total pegawai di lingkungan Pemprov Riau yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 483 orang. Dari jumlah tersebut, 434 diantaranya sudah sembuh, dirawat 41 dan delapan orang meninggal dunia," kata Ikhwan.

Menurut Ikhwan, meskipun jumlah pasien positif yang sembuh cukup tinggi, namun dalam beberapa hari belakangan ini jumlah pegawai yang dirawat kembali meningkat. Sebelumnya pernah hanya 19 orang yang dirawat.

"Penambahan pasien yang dirawat itu mungkin karena ada klaster baru penularan seperti klaster Dharma Wanita," ujarnya.

Dengan masih adanya pegawai yang terkonfirmasi positif Covid-19, pihaknya mengimbau para pegawai untuk terus menerapkan protokol kesehatan saat bekerja. Karena saat ini masih ada pegawai yang bekerja di kantor. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww