Telur Angsa Ternyata Kaya Nutrisi dan Bermanfaat bagi Kesehatan, tapi Sayangnya Sulit Didapat di Pekanbaru

Telur Angsa Ternyata Kaya Nutrisi dan Bermanfaat bagi Kesehatan, tapi Sayangnya Sulit Didapat di Pekanbaru

Ilustrasi/INTERNET

Minggu, 06 Desember 2020 13:22 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Angsa terkenal sebagai unggas yang sangat galak. Tetapi, disamping itu hewan ternak tersebut mempunyai telur yang besar dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Ukuran telurnya sekitar 3 kali lipat dari telur ayam. Telur angsa ternyata kaya protein.

Dilansir dari tempo.co, nutrisinya banyak yang mirip dengan telur ayam, namun bisa berlipat ganda karena ukuran telur angsa lebih besar. Rasanya lebih kuat dan beragam dibandingkan telur lainnya.

Berat telur angsa sekitar 114 gram dan mengandung 266 kalori. Ada hampir 20 gram protein dan 20 gram lemak dalam satu telur. Telur angsa juga berisi sekitar 2 gram karbohidrat, mengutip dari Live Strong.

Telur angsa juga merupakan sumber karotenoid yang baik. Karotenoid merupakan jenis antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata dan kulit. Telur angsa memiliki 379 miligram kolin, nutrisi yang masuk kelompok vitamin B.

Tak hanya itu, telur angsa mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Satu butir telur dapat mencukupi kebutuhan kolestrol selama empat hari. Jika satu orang membutuhkan konsumsi 300 miligram kolesterol dalam sehari, satu butir telur angsa memiliki 1.227 miligram kolesterol.

Karena mengandung banyak nutrisi yang baik, maka telur angsa sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, seperti dapat menjaga kesehatan gigi dan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk dan meningkatkan massa otot, dapat mempercepat kehamilan dan baik untuk kesuburan kandungan, membantu perkembangan otak, meningkatkan stamina dan menambah nafsu makan.

Manfaat telur angsa untuk kesehatan lainnya seperti, mengobati asma, mengatasi gangguan jantung, menggemukkan badan, mengobati sakit kepala, mengatasi Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung, melancarkan BAB.

Meskipun kaya akan nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, tapi sayangnya telur angsa sangat sulit ditemukan di Pekanbaru. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww