Buper Pawang Perkasa, Saksi 4 Agenda Pelantikan Pramuka Bengkalis

Buper Pawang Perkasa, Saksi 4 Agenda Pelantikan Pramuka Bengkalis
Kamis, 19 November 2020 15:06 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dua bunga Manggar di barisan depan dan di barisan belakang pula pasukan penabuh kompang yang semuanya anggota Pramuka Penegak Gugus Depan (Gudep) 01.117 SMA Al Amin, terlihat mengarak rombongan Penjabat Bupati Bengkalis Kak H Syahrial Abdi, Senin (16/11/2020) petang.

Hari itu, di alam terbuka Bumi Perkemahan (Buper) Pawang Perkasa, Kelapapati Darat, Kak H M Azaly Djohan selaku Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) 04 Riau termasuk yang diarak tadi melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.05 Bengkalis masa bakti 2020-2025 yang diketuai Kak H Syahrial Abdi.

Setelah dilantik sebagai Kamabicab sesuai SK Kwarda 04 Riau nomor 32 tahun 2020 tanggal 13 November 2020, Kak H Syahrial Abdi selanjutnya melantik 6 orang kakak-kakak Pramuka Dewasa yang bertugas di Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarcab Bengkalis sebagaimana SK Kwarda Riau nomor 33 tahun 2020 dan melantik Kak H Bustami HY sebagai Kakwarcab Bengkalis bersama 45 anggota pengurus lainnya sebagaimana SK Kwarda Riau nomor 34 tahun 2020.

Pelantikan keempat dilakukan Kakwarcab Kak H Bustami HY kepada 22 orang Pramuka Penegak Pandega sebagai Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakkan Pramuka Bengkalis sebagaimana SK Kwarcab Bengkalis nomor 31 tahun 2020.

”Gerakan Pramuka bagi anggota dewasa adalah pengabdian. Sejalan dengan tujuan gerakan ini, anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka diharapkan dapat membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republika Indonesia. Juga berusaha agar setiap peserta didik anggota Gerakan Pramuka dapat mengamalkan Pancasila serta berperan aktif dalam melestarikan lingkungan hidup," kata Kakwarcab Kak Bustami dalam sambutannya.

Selanjutnya, secara pribadi Kak Bustami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan Gerakan Pramuka di Kabupaten Bengkalis yang telah memberikan kepercayaan kepada beliau untuk menerajui Kwartir Vabang Pramuka, khususnya kepada kakak Kamabicab Bengkalis.

”Dalam kesempatan ini juga, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kakak H M Azaly Johan Ketua Kwartir Daerah Riau serta Kakak Indrawansyah yang telah mewakili Ketua Harian Majelis Pembimbing Daerah Riau (Gubernur Syamsuar) yang telah berkenan hadir dan meluangkan waktu untuk bersama-sama dalam upacara pelantikan ini," tambahnya.

"Sasaran jangka pendek sebagaimana disebutkan terdahulu akan dapat dicapai jika seluruh pemangku kepentingan kompak bersama-sama bergerak dan saling dukung dengan satu tekad membawa Gerakan Pramuka Bengkalis menjadi lebih baik. Di bawah bimbingan Majelis Pembimbing Cabang, besar harapan kami agar kakak-kakak pengurus Kwarcab Bengkalis masa bakti 2020-2025 mampu menggandeng bahu untuk merebut kembali predikat Kwartir Cabang Tergiat se-Kwaeda Riau yang pernah kita raih selama tiga periode berturut-turut. Dan yang paling penting dapat menjalankan rencana kerja Gerakan Pramuka Bengkalis 2020-2025 sebagaimana diamanatkan oleh Musyawarah Cabang X Gerakan Pramuka Bengkalis," harapnya.

Selanjutnya, kepada adik-adik DKC yang baru saja dilantik, Kak Bustami mengucapkan selamat dan harapan agar DKC kepengurusan ini dapat mengemban amanat Musppanitera (Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera) serta mampu menampung dan menyalurkan aspirasi Pramuka Penegak Pandega se-Kwarcab Bengkalis.

"Semoga yang kita laksanakan pada hari ini mendapat ridho dari Allah SWT," doa Kak Bustami di akhir sambutannya dengan pantun.

Petik sirih untuk dimakan
Kapur dan gambir jadi padanan
Terima kasih atas amanah yang diberikan
Doa dan dukungan semua pihak jadi harapan
Pergi ke Pekan membeli meter
Untuk mengukur luasnya sawah
Gerakan Pramuka pendidikan karakter
Agar anak bangsa hidupnya terarah
Basah badan diguyur gerimis
Panas terasa suhu pun naik
Pengurus Pramuka haruslah optimis
Agar program kegiatan berjalan dengan baik

Kak H Azaly Djohan dalam sambutannya pula berharap semoga kegiatan pelantikan kala itu membawa berkah dan manfaat bagi pembinaan pengembangan Darma Pramuka terutama di Kwarcab Bengkalis.

Diungkapkan Kak Azaly Johan, Bupati Bengkalis tahun 1989-1994 ini akan permulaan acara yang diawali Tari Persembahan Makan Sirih yang merupakan hasil karya para seniman Riau. Yang menyiapkan tari tersebut adalah Kak OK Nizami Jamil yang pernah menjadi Kakwarda selama 2 periode kala acara pembukaan Kongres Badan Kongres Pemuda Pelajar Mahasiswa masyarakat Riau pada Oktober 1956 dalam rangka menuntut terbentuknya Provinsi Riau dan lepas dari Provinsi Sumatera Tengah.

"Melihat tekad dan semangat kakak-kakak yang dilantik pada hari ini, saya berkeyakinan kakak-kakak yang diberi amanah akan dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab, membina dan mengembangkan Kwartir Cabang Bengkalis lima tahun kedepan. Apalagi kita tahu bahwa Kwartir Cabang Bengkalis, tercatat pernah mendapatkan penghargaan berapa kali," sebut Kak Azaly Johan.

Diakui Kakwarda Kak Azaly bahwa keberhasilan pendidikan kepramukaan di daerah tidak terlepas dari dukungan Majelis Pembimbing dan seluruh komponen masyarakat yang bertanggungjawab terhadap moral dan akhlak generasi muda.

"Untuk itu, saya mengharapkan perhatian dan dukungan yang lebih baik dari Majelis Pembimbing juga seluruh komponen masyarakat dalam mendukung kegiatan kepramukaan. Kalaulah kita perhatikan dalam pasal 39 lampiran 42 Undang-undang Kepramukaan, kita yakin juga bahwa Undang-undang itu telah menunjukkan dan memperhatikan serta menekankan perhatian kita untuk pembinaan generasi muda untuk masa depan yang jauh lebih baik dari apa yang kita hadapkan sekarang ini," tambah Kakwarda.

Kamabicab Kak H Syahrial Abdi dalam sambutan dan pengarahannya menyebutkan bahwa pelantikan kala itu adalah sebuah upaya untuk memastikan bahwa tidak ada hambatan, tidak ada rintangan jika kita mau bersama-sama berupaya bersinergi dan berkolaborasi. Ketika pertama bertugas sebagai Penjabat Bupati, kami dilaporkan bahwa kegiatan Gerakan

Pramuka Bengkalis mengalami stagnasi beberapa waktu terakhir. Dan untuk itu kami tahu pasti bahwa dulu kita pernah sangat berjaya bahkan menjadi Kwarcab dengan kegiatan terbaik.

”Oleh karena itu, saya selaku Penjabat Bupati bergerak untuk memastikan bagaimana caranya agar tidak terhambat sama sekali upaya kita untuk memajukan Gerakan Pramuka di Kabupaten Bengkalis," tutur Kamabicab Kak Syahrial Abdi yang disambut tepuk Pramuka dari hadirin.

"Saya pastikan, mudah-mudahan, meski saya tidak menjabat lagi sebagai Penjabat Bupati Bengkalis lagi, ini bisa tetap berlaku (masa Bupati definitif 2021). Kami bersyukur dan berterima kasih ditanggapi dalam waktu 3 hari saja oleh Kak Azaly Johan beserta senior-senior kita yang pada hari ini untuk melakukan pelantikan. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada hari ini mendapatkan berkah dari Allah SWT karena Gerakan Pramuka pada hari ini dengan berbagai macam tantangan, perkembangan zaman dan dinamika dan terutama pandemi Covid-19 bencana alam yang sampaikan tadi, kita serba terbatas, kita tidak bisa melakukan aktivitas dengan maksimal. Oleh karena itu kita harus cari cara, kita harus belajar berkomunikasi menyatakan menyampaikan buah pikiran atau gagasan, inovasi kita, kuta pastikan tetap berjalan," ungkap Kak Syahrial Abdi bersambut pantun.

Kabut asap tak ada lagi Karena kemarin hujannya lebat Mari sama bangun sinergi Karena sendiri tak pernah hebat Kue Talam kue Lepat Sedap dimakan di malam hari Kalau sendiri memang tak hebat Ayo Gerakan Pramuka kolaborasi Kepada LPK Kak Syahrial Abdi berharap merupakan perpanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk sama-sama mengawal kegiatan Kepramukaan ini. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww